Jalan Sutra ala Milenial


28959100_10213582770096627_8478519042942959616_n

JALAN SUTERA ala DPR
 
Modal Laptop, penghasilan 80 juta dollar dalam 2 tahun (Narco)
 
Suasana siang diperpustakaan umum di San Fransisco itu cukup ramai pengunjung. Sebagian kursi sudah terisi oleh pembaca ataupun orang yang sekedar berselancar di internet.
 
Seorang pemuda usia 29 tahun dengan wajah tampan, imut layaknya generasi gadget nampaknya baru tiba. Orang mengenalnya sebagai pengunjung setia. Nampak olehnya kursi kosong dipojok, di ruang Sciene Fiction. “Sempurna”, bisiknya. Tak seorangpun bisa mengintip apa yang terjadi di layar laptop.
 
Tanpa menunggu lama, Layar komputer dibuka.
 
Setelah mengetikkan kata kunci untuk membuka layar ia memperbaiki posisi duduknya, sebab ia akan menghabiskan waktu berjam-jam melakukan transaksi online.
 
Kalau didekati pemuda ini melakukan transaksi dengan – uang kripto yang dikenal sebagai Bit Coins.
 
Mendadak keheningan ruangan dipecahkan teriakan seorang wanita yang sudah datang duduk disana beberapa waktu lalu. Seperti melihat musuh, perempuan ini mendekat sambil menunjukn menuju kearah si Tampan dan menceracau “I sick of you” – Si Pemuda terperangah, ia tidak merasa memiliki musuh. Hanya dalam hitungan detik laptop yang masih terbuka disambar teman wanita ini.
 
Ternyata mereka Satgas Cyber dari FBI dengan nama “Operasi MarcoPolo.”
 
Mereka berbulan-bulan memburu Penjahat Dumay selama ini. Pemuda itulah targetnya. Yang dikuatirkan FBI adalah jangan sampai saat ditangkap si pemuda keburu menutup laptopnya. Ada transaksi miliaran rupiah disana. Narkoba.
 
Sebab sekali laptop tertutup, saat itulah komputer akan masuk ke mode sleep, dan melakukan enkripsi data dalam hardisknya. Tak seorangpun mampu membuka data yang sudah dienkripsi oleh Apple, kecuali sang pemilik.
 
Pemuda ini buronan dunia mata selama dua tahun. Ia mampu lolos dengan memanfaatkan software yang dirancang menghilangkan jejak internet “Anonim”.
 
Rupanya hari itu, 5 Oktober 2013, saat naas bagi Ross William Ulbricht, pemilik nama samaran DPR (Dread Pirate Roberts ), a.k.a “altoid” Kini pemuda Texas yang cerdas dalam matematika, Insinyur Tenaga Surya harus mendekam dalam penjara.
 
Saat ditangkap ia sudah mengantongi kekayaan 144335 bit coins, setara dengan 80 juta dollar.
Ada 1,5 juta transaksi, dimana 95% adalah penjualan Heroin, Cocain, Meth dan penenang lainnya. Secara online.
 
Hanya dengan modal sebuah laptop, secangkir kopi di cafe atau perpustakaan yang biasanya menyediakan Full akses Internet gratis.
 
Sebuah cara berbisnis cerdas memanfaatkan dunia digital (internet, bit coins), sekalipun dari sisi kegelapannya.
 
#TOR web
#situs Silk Road
#Ross William Ulbricht
#Glen Park Branch Public Library
#Mobi Tobi Cafe
#Bit Coin
Advertisements