Kala RAHU menelan Chandra


ALLAHUAKBAR!

Dikeremangan senja kala, ditemani gerimis dan kabut, kelelawar yang terkadang menabrak ranting pohon, mendadak Adzan dikumandangkan serentak di Mesjid maupun Surau. Kala Rahu sudah menelan Dewi Chandra yang dianggap merintangi usaha mendapatkan Tirta Keabadian. Namun Karena tinggal kepala, maka diharapkan Dewi Chandra bisa lolos menjadi santapannya  dan bumi selamat dari kegelapan.

TKP mengamati gerhana total ini, jaraknya ada dalam jangkauan antara 25 sampai lima ratus meter dari mesjid maupun surau.

Ada mesjid Nurul Hidayah, Nurul Ibadah, Wali, PdK, dan Ujung Rawa. Lima adzan dikumandangkan. Dari Toa berbeda. Dan itu sesuatu banget.

Suara pak Muadzin terdengar “gerok”, serak. Tidak lantang seperti biasanya.
Boleh jadi emosi merekapun diliputi sensasi kebesaran alam sehingga mempengaruhi pita suaranya. Saya merinding di duct rumah sambil ikut mengikuti lafal satu persatu. Sambil memandang kedahsyatan alam semesta.

Benda jagat berputar, “seprono seprene” dari jaman dulu sampai sekarang, mengorbit dalam hitungan ratusan bahkan jutaan tahun umur biologi manusia. Dan sekarang contoh didepan mata. Sekali untuk 150 tahun.

Inilah kejadian Bathara Kala memangsa Bulan.. Sayang tradisi Kothekan, seperti yang sering saya dengan di Jawa lainnya, tidak terdengar. Kentunganpun tidak.

Di Citayam, dulu, biasanya saya kebagian Telor Ayam, Itik, Angsa yang dijual setengah murah lantaran mereka percaya dan telah membuktikan bahwa saat Betara Kala mencaplok Dewi Rembulan, di bumi pun, balatentara mereka mencaplok telur dan mensterilkannya. Endang Gondok akan mengatakannya “telornya pada tembuhuk dimakan gerhana”. “Dieerimin juga percumaH bae udah jadi aer. Enakan digoreng pada.”

Kelar para Ustad denga Khotbah Gerhana, tidak lama kemudian, suasana seperti malam Takbiran. Beramai-ramai melantunkan “takbir.

Menjelang pukul 21, ketika bulan kembali bersinar, suara pengeras mesjid hanya mengatakan “bulan udah nongol…udahan..dah”- klotak suara mic diletakkan. Tapi sekarang berasal hanya dari satu Toa.

#batara kala
#telur tembuhuk
#ctayam
#Langka Gerhana Bulan Total
#SuperMoon

#31 Januari 2018 jam 20:30 wib

27332312_10213292454998931_4783589334475934117_n

Advertisements