PAJTI


Belasan kendaraan perlahan memasuki sebuah halaman. Sirine yang meraung sedih mulai mengecil akhirnya mati.
Pokok kayu nampak kecoklatan kering. Pagi yang cerah, namun petugas kepolisian Lokone County, Arkansas tidak menampakkan wajah gembira.
 
Sepanjang perjalanan sirine terdengar meraung. Petugas kepolisian maupun Damkar memarkirkan kendaraannya sejenak menyisihkan waktu dipinggir jalan untuk memberikan penghormatan. Ada dengan meletakkan tangan disisi kepala, ada yang melepaskan topinya.
 
Setelah turun dari kendaraan mereka membentuk barisan mirip pedang pora. Dan tertib menunggu sosok yang akan diberi penghormatan.
 
Tidak lama kemudian yang dinanti turun dari kendaraan ditemani pawangnya yang jelas berduka.
 
Inilah sebuah upacara kematian bagi K9 bernama Pajti.
 
Kendati saat berjalan ia nampak gagah, nampak kaki kanan bawahnya membengkak kendati sehingga sedikit pincang. Ini memang watak Anjing, Seberapa penderitaan, tidak akan ditunjukkan kepada tuannya hanya agar sang Tuan merasa aman, seekor satwa melindunginya. Satwa yang tidak mendendam ketika sang tuan memarahinya, menghibur ketika pemiliknya dalam keadaan berduka. Itu yang sering disebut orang mengapa anjing kerap dianggap memiliki “mind reader”.
 
Pajti mungkin menyangka bahwa hari ini adalah hari bermain seperti biasanya.
 
Padahal beberapa meter lagi ia akan memasuki sebuah ruangan yang lantainya berlogo anjing. Inilah klinik hewan. Dokter mengangkatnya lantas menaruhnya di meja operasi. Memberinya suntikan kedalam pembuluh darah agar ia tertidur, namun tidak untuk bangun.
 
Pukul Lima, terdengar pemberitaan pada radio “This is Deputy K9 Final Ride. Deputy K9 Pajti. Thank you for your service to the citizens of Lonoke County and surrounding area. Deputy Pajti, you have served in a special manner, it has been honor to serve with you. Rest in peace, we will take it from here.”
 
Pajti sudah mengabdi pada kantor Sherif sejak 2013. Harganya 8000 dollar, sehingga Kantor Polisipun butuh bantuan dana dari masyarakat.
 
Persepsi masyarakat akan K9 sebutan untuk anjing, umumnya Agresive, tak segan menggigit. Tapi Pajti kerap dipanggil ke sekolah, menenangkan anak-anak yang marah. Dan mengajaknya bermain. Cerita Rin Tin Tin muncul kembali.

 

Advertisements