Mulai dari NOL dengan KUA


MAHLUK ASING GEN N1,N2,N3,N4,N5

Ketika putra bungsu saya memutuskan akan menikah, tentunya akan mulai bertanya. Bagaimana cara mengurus surat menyuratnya. Kami buka internet, pengalaman blogger sebelumnya. Kami download formulir bertajuk N1, N2, N3, N4, Surat Pernyataan masih Jejaka, Surat Pernyataan Setuju dari  Orang Tua,  Foto Copy KTP, Kartu Keluarga, kedua belah pihak Ortu dan CP , foto copy kedua belah saksi.

Maka bertemulah kita dengan mahluk asing bernama – formulir N1,N2,N3,N4,N5, Surat Keterangan Numpang Nikah. Mayan nambah pengetahuan.

Saran pertama buat foto copy minimal lima lembar dari setiap dokumen anda. Setiap carik surat yang sudah di ACC bikin foto copynya dan jangan pelit dalam jumlah. Kalau katanya minta foto 2 lembar, lari ke lapak foto bang Tolang, afdruk 10 lembar. Jangan seperti orang susah, sekalipun susah banget.

****

Cek List.

  1. Surat Pengantar dari RT dan RW (satu lembar diteken RT dan RW lantas di cap basah.
    Kami mendatangi ibu RT dan ibu RW, kebetulan di Grogol-Jakarta Barat  – saat itu dijabat oleh dua orang ibu  namanya ibu Ilona dan ibu Yuni. Ibu Ilona akan membuatkan surat keterangan, formnya sudah tersedia berupa foto copian.   Ketika ibu RT dan RTW selesai membubuhkan tanda tangan dan cap RT/RW yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuat salinannya. Pernah kejadian, kami hanya punya satu lembaran aseli, setelah diberikan ke kelurahan ternyata pihak KUA minta yang sama. Jadi terpaksa membuat lagi. [Kalau memungkinkan lakukan pendekatan untuk membuat surat keterangan rangkap dua atau tiga sekaligus.] Sepertinya berlebihan, namun kami ketemu batunya sehingga cukup bikin deg deg plus.
  2. Surat Keterangan Belum Menikah , pakai Meterai, diteken RT dan RW dan Kelurahan, dan dicap Basah.
  3. Fotocopy Calon Pengantin Pria (CPP), Foto Copy dari kedua Orang Tua. Kalau bisa Hal yang sama dilakukan dari pihak CPW.  (Bikin yang banyak)
  4. Dapatkan  dengan mencari Fotocopi Saksi Nikah. (bikin yang banyak 5 lembar)
  5. Foto 3×4 sebanyaknya 10 lembar, latar belakang biru, latar belakang merah
  6. Foto 2×3 sebanyaknya 10 lembar, latar belakang biru, latar belakang merah
  7. Foto 4×6, sebanyaknya 10 lembar, latar belakang biru, laar belakang merah.
  8. Baik orang Tua dan Saksi, dapatkan foto copynya. Tadinya kami diberitahu bahwa foto yang dibutuhkan adalah 3×4, namun menjelang hari H, diubah menjadi 4×6. Jadi sebaiknya lengkapi semua baik masuk akal atau tidak.
  9. Foto copy Ijazah – buat sebanyaknya 5 lembar
  10. Foto copy Kartu Keluarga – buat sebanyaknya 5 lembar
  11. Foto Copy Akte Kelahiran – buat sebanyak 5 lembar
  12. Surat Keterangan NUMPANG Nikah. Ini yang agak baru kami dengar.

Ilustrasi, jauh-jauh hari kami sudah mendapatkan semacam “check list” dokumen, ukuran foto (2×3 dan 3×4) serta warna latar belakangnya.  Semua 100% kami penuhi.

Dokumen lantas diberikan kepada orang tua CPW yang dalam hal ini akan mengurus pernikahan di KUA wilayah Kebayoran Lama ( Gedung Wanita Patra). Terutama Surat Keterangan Menikah.

Sebulan sebelum hari “H” – ternyata pihak  KUA Jakarta Selatan merevisi “check list” yang mereka keluarkan sebelumnya. Foto harus 4×6 dan Surat Aseli dari Kelurahan. Ini sama halnya dengan kami harus mendatangi kembali RT dan RW, mengulang proses membuat Surat Keterangan dari RT RW, mengulang membuat Pernyataan Masih Jejaka. Lumayan kalang kabut.  Pengalaman yang berkesan lainnya. kami tinggal di Bekasi Propinsi Jawa Barat. Rumah RT, RW, Kelurahan, KUA ada di Grogol, DKI Barat. Kalau dibuka di WAZE jaraknya 30 kilometer, jarak tempuh 45 menit. Asalkan anda berangkat meninggalkan Propinsi “Yang Ada Badaknya”  sebelum pukul 05:00 untuk menghindari kemacetan.

Lha tiba di Propinsinya pak Lulung, pukul 05:45pagi, mau ngapain? rumah mana sudah buka. Maka biasanya kami ngejujuk ke Bubur Ayam BCA Grogol.

***

Kesimpulannnya, alur  yang dipajang di KUA, Kecamatan, Kelurahan jangan dijadikan “Take it for granted,” – akan ada kejutan kejutan diluar dugaan. Dan semua itu – bahan empuk untuk penulisan blog…

#Kebayoran Lama
#Surat Numpang Nikah
#Surat Vaksin (Putri)
#Surat Perjaka/Perawan
#Formulir N1,N2,N3,N4
#Ijin Nikah dari Kelurahan hanya untuk dua bulan lamanya.

https://mimbarsaputro.com/2017/12/23/wo-jilid-dua-2

Advertisements