Passport


Kalau Passport anda habis pada 01 November 2017 dengan masa laku 1 Nov 2012 sampai 1 November 2017 , maka praktis anda tidak bisa bepergian sejak Mei 2017, alias enam bulan  sebelum Jatuh Tempo.

Misalkan  anda urus perpanjangan passport bulan Mei 2017, maka masa kadaluwarsa pasport diubah dari 1 Mei 2017 sampai 1 Mei 2022. Setiap masa perpanjangan Pemilik pasport selalu dirugikan enam bulan.

Tengok negara lain seperti Singapura (negeri kecil lah), kalau menengok Amerika nanti ditolak.  Tiga bulan sebelum hari H habis masa berlaku, warga cukup mendaftar ONLINE. Sekitar seminggu datang pemberitahuan bahwa Passport yang baru (zonder di korting bulannya), sudah selesai, silahkan datang pada pukul Sekian (harap tepati jam yang ditunjuk). Passport sudah bisa dipakai. Nggak mbelibet kudu cap ini itu, foto ini itu, apalagi instruksi “LENGKAPI BERKAS DENGAN FOTOCOPY a,b,c,d sampai Z”

Ternyata passport kulit merah Singapura ini sudah masuk akreditasi “Passport Powerful” di jagat. Lho negara kecil Bro, bagaimana bisas  passportnya paling hebat mengalahkan negara adidaya Jerman yang selama ini ada ditampuk teratas.

APA PENILAIANNYA

Passport Singapura membebaskan warganya mondar mandir ke luar negeri 159 negara tanpa Visa. Dan Negeri yang dituju memberikan lampu hijau “zonder visa”. Ini soal bagaimana kerjasama luar negeri antar negara.

Amerika saja masih belum masuk katagori tersebut. Pasalnya Papi Trump membuat Turki dan Negara Afrika bereaksi mencabut kebebasan Visa kepada Amerika.

 

passport

 

 

Advertisements