Anda “salah” Memasukkan Tanggal Lahir Sendiri


Waktu masuk ke ruang tunggu di kantor BPJS Jakarta Barat, mbak petugas menanyakan apakah saya punya WA yang aktip. Rupanya si rupawan ini mengarahkan kepada saya untuk menginstal aplikasi JKN mobile. Maka sambil menunggu antrean, aplikasi saya unduh. Enteng, hanya mengisi NIK, Tanggal Lahir, Kepesertaan BPJS, Email, Password tentunya kerjaan “ari-ari”. Maksudnya sering dilakukan. Sayangnya saya ketemu masalah setelah menekan tombol ENTER.

Format HP salah” – rupanya jangan pakai plus + apalagi kode negara
Tanggal Lahir Salah” – ini dia, masak sih!.

Untuk tanggal lahir ada angka “1” sampai “31” – tinggal klik. Untuk bulan, alat ini sudah cerdas, kita tinggal memilih aksara “Januari” sampai “Desember”. Untuk Tahun juga sudah tinggal klik, 1970 atawa 1980 – tidak ada kemungkinan salah keliru mana bulan, mana tanggal.

TAPI kok saya dibilang salah masukkan tanggal lahir…
Judeg!

Akhirnya saya mendatangi mbak rupawan. Seperti mengajar Alif Ba Ta, saya dituntun sampai akhirnya muncul Tanggal Lahir SALAH.. Namun sepertinya dia sudah tahu obatnya.. “coba masukkan nama Ibu Kandung”

JHengjHeng… sekarang nama Ibu Kandung Tercinta saya salah. Lantas saya disarankan cek nama sesuai kartu keluarga, ternyata baru ngeh -nama bunda ditulis menjadi terpisah. Misalnya “Ahok Purnama” – ditulis sebagai “A Hok Purnama”- ada spasi setelah “A” bacaan sama penulisan beda. Dan setelah nama Ibu ditulis sesuai dengan apa yang tertera di  KK, maka problem salah Tanggal Lahir Sendiri bisa diatasi.

Mungkin aplikasi JKN-mobile mengajak bercanda, kalau lain diceprot dari lain ibu, mana mungkin tanggal lahirnya betul.

Advertisements