Mengurus Perubahan Data


Kami sudah dua tahun mengikuti BPJS Mandiri, selama ini belum pernah dipakai, untunglah sehingga terjadi subsidi silang. Namun beberapa kerabat berbisik untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan misalnya membersihkan karang gigi, mengukur tekanan darah dan kadar gula anda. Tujuannya guna mengevaluasi apakah pembayaran BPJS kita selama ini lancar, kalau ada gangguan mumpung kita masih sehat.

Sebagai contoh, kami yang mendapatkan Fasilitas Kesehatan disuatu daerah yang agak asing bagi kami – sehingga kami putuskan mendatangi pelayanan Puskesmas terdekat. Ketika petugas melihat kartu anggota dari  tiga puskesmas responsnya lumayan “nembak”..

  1. “Urus BPJSnya melalui pihak ketiga ya…?”
  2. “Anda Militer ya, sebab puskesmasnya di komplek TNI”

Kami mendatangi tiga fasilitas kesehatan, yang menggembirakan – para petugas menlayani dengan hati, dengan semangat. Tak jarang kami dibujuki agar pindah ke Puskesma  mereka. Luar biasa. Tetapi sekalipun demikian saya tetap harus mendatangi pusat BPJS di Jakarta Barat.

****

Beberapa hari lalu saya masuk kampus WIDURI, bukan untuk kuliah melainkan parkir kendaraan – tujuannya meminta perubahan TKP Fasilitas kesehatan. Sudah dua tahun sejak saya mendaftarkan diri, memang tidak banyak perubahan. Tetapi saya yang banyak bingung. Terlalu pagi, terlalu banyak orang.. Untunglah dengan mendengar percakapan antar mereka, saya tahu Loket 1 itu untuk pendaftaran baru, dan loket 2 untuk perubahan data. Karena masih terlalu pagi belum ada petugas sehingga menyibukkan menjadi relawan..

Tetapi tak jarang saya diplengosi seperti Nikita ketemu Jupe. Pasalnya mereka juga curiga saya seorang “pihak ketiga..”

Jam 08:00 tepat kantor dibuka, kami antri dan hanya setengah jam saya sudah mengantongi kartu BPJS yang baru, lebih langsing dan mirip kartu kredit.

***

Kalau anda ingin mengurus perubahan data, sebaiknya memulung terlebih dahulu formulir dibawah ini (ada versi JPEG dan pdf). Satu halaman merupakan formulir dan halaman yang lain adalah petunjuk.  Semoga tidak bingung dengan istilah Nomor Registrasi, Nomor Induk Kependudukan, Pasfoto,  VA (Virttual Account), FasKes Primer. Dengan mengisi formulir dari rumah, maka anda tinggal menumpuk di meja di Loket 2 (dua), kalau oket 1(satu) – hanya untuk pendaftaran baru. Jadi lebih lama dan tidak riweh.

img_20170209_0001

img_20170209_0002

Advertisements