Mengapa Mengubah Data BPJS


Dodi terkejut bukan alang kepalang, ketika mengantarkan salah satu adiknya berobat, ternyata BPJS mereka dinyatakan menunggak iuran.  Inipun baru ia ketahui lantaran baru kali ini menggunakan fasilitas kesehatan (FasKes), dan selama ini sang ayah yang membayar iuran. Setelah sang ayah tiada (ibu meninggal terlebih dahulu), ia lalai melaporkan perubahan status ke kantor BPJS.
Formulir 4 adalah butir 6d – adalah salah satu contoh untuk menyetop kewajiban membayar BPJS jika salah satu anggota keluarga meninggal.
Bahkan bayi dalam kandungan, sekalipun belum memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan), wajib bagi orang tuanya melaporkan ke BPJS dengan menggunakan Formulir 4. Bilamana bayi telah dilahirkan maka setelah dua hari, harus dilaporkan dengan sekali lagi mengisi formulir 4.
Gambar di bawah adalah suasana loket untuk menumpuk berkas pendukung pengurusan BPJS, karena umumnya pendaftar dating SUBUH-SUBUH, yang ada hanya sebuah meja. Meja ini ternyata berfungsi sebagai nomor antrean. Anda yang datang terlebih dahulu, akan berada pada posisi paling bawah.
Kelak begitu pukul 08:00 petugas datang, tumpukan dibaca dengan urutan pertama adalah yang paling bawah.
Seperti juga Pilkada, tumpukan ini kudu dikawal.. Ada saja teknik nakal pendaftar, pura-pura lihat berkas orang, lalu pura-pura bloon berkas mereka disisipkan paling bawah (banyak yang mencoba trik ini).

 

2017-02-09-07-39-51

Advertisements