ARAB-ica dan ROBO-sta


KONON ada 6500 jenis kopi, namun orang menggolongkan hanya dua yakni ARABICA dan ROBUSTA. Apa bedanya – sampai sekarang saya tidak ngeh.. Jeremy seorang pakar Barista mengatakan perumpamaan sebagai berikut..

ARABICA ibarat kopi dengan 2 bagian gula dan setengah bagian Caffein… Aromanya manis dan harum bunga.. Ini alasan harganya mahal.

ROBUSTA ibarat dua bagian caffeine dan nol bagian gula. Rasanya lebih “sepet”. Para ahli mengatakan baunya mirip strawberry, cendana, cengkeh dan tembakau.

Lantas, negara mana yang kopinya yahuud dan woasli – adalah ETHIOPIA. Ia adalah negeri dimana kopi nongol pertama kali di dunia, dan dipercaya 96% kopi original mereka masih tumbuh di Ethiopia.

Kopi Ethiopia – selalu lebih memiliki aroma yang komplek dan menyengat (harum) sulit dibedakan satu sama lain. Misalnya SASABA – yang diberi catatan oleh para pakar – “Anda seperti melihat Emas – diujung Bianglala…”

Oleh sebab itu kemajuan industri kopi mulai memisahkan aroma ini satu persatu sehingga bisa penikmat kopi bisa mencicipi dari pelbagai aroma.

Advertisements