Mesjid HITAM


20160616_092618

Kami pindah Toko – dekat Mesjid “HITAM” – itu bunyi selebaran yang ditempel disebuah Toko Makanan langganan kami.

Lha in dia, ada dua mesjid Jami’ (besar), di kawasan jalan Kodau Bekasi, perasaan belum ada nama yang sama sekali tidak Arabi.. Seperti nama mesjid yang ditulis Toko Makanana tersebut yaitu  Mesjid HITAM.

Kok baru dengar..Bikin penasaran.

Lalu saya nyepeda, dan melihat mesjid yang sudah sebelas tahun lalu (2016) saya lihat mulai dari tanah kosong, pondasi, lama terbengkelai, lalu dibangun kembali sampai berfungsi.

13411832_10208221347784420_4879309212405621572_o.

Pagar depan mesjid diberi tulisan IQRA dan diterjemahkan “BACALAH” sehingga warga setempat menyebut nama Mesjid Iqra atau Mesjid Bacalah.. Dan ini pernah ditulis disalah satu blog.

Namun – mesjid yang menggunakan lambang tidak lazim yaitu simbol Angkatan – yaitu “Bintang” – ini di didindingnya ditulisi hurup Arab – namanya Al- Ishlaah.

Tetapi masih perlu diketahui mengapa disebut Mesjid Hitam. Ternyata lantaran dindingnya dicat warna gelap, mirip hitam.. Rupanya itulah nama berasal..

Lain kali kalau anda – menemukan Mesjid Bacalah, Mesjid Iqra, Mesjid Al-Ishlaah, Mesjid Hitam maka bendanya hanya satu. Mudah-mudahan tidak ada yang main gampang menyebut mesjid Bintang, atau malahan mesjid Jendral Bintang Satu…

Pintu masuk masjid dari samping Utara berhiaskan dua pedang pora bersilangan. Sebuah kotak amal diberi peringatan unik – Mau Tiket ke Sorga?.. Isi Pundi Amal! – sorga terletak di telapak kotak amal lho.. Monggo

 

image

Advertisements