Ploduk…ploduk..iindonesah (nggak pakai “i”)


Image

 

Kalau saja tidak malu dilihat tetangga bule, mau rasanya saya kasih Tabek tanpa reserve kepada benda mati bernama Piring Parabola yang diberi tulisan Venus-Anti Karat.. Sekalian ingat  40tahun lalu teman sesama mudlogger memberi hormat kepada patung “Dewi Maria” – waktu ditanya suster Panti Rapih-Bulaksumur – dia kasih telunjuk berdiri didepan bibirnya lalu berseru SSHTTT ini upacara bendera. Sebelum digiring kembali ke Zaalnya..

Teman ini sedikit depressi sebab ternyata menjadi mudlogger tidak semudah yang diperkirakan orang.. Tapi sekarang teman tadi menyandang gelar strata2 dan sebentar lagi strata3.

Seperti teman saya tadi ….Kadang saya sering memandang benda apa saja yang ada tulisan Indonesia bisa berlangsung berlama-lama ditengah malam, diketinggian 2900m yang sama dengan tinggi jelajah Lion Air dari Jakarta ke Singapore.

Cuma saya tidak ditemani Suster rumah sakit apalagi yang ngesot.

 

Kalau sudah begini (sendiri) Lantas muncul sentimen kebangsaan… Bukan main… bersaing dengan produk Australia, produk Papua New Guinea – ternyata salah satu penyalur TV Cable sudah bercokol bertahun tahun mendominasi pasaran TV Berbayar. Jay – teman saya yang Pinoy pernah tanya “kok banyak betul acaranya” pasti mahal ya.. Saya jawab enteng ah cuma sekitar 15 dollar perbulan.. 

Kadang ditengah siaran ada peringatan – dalam bahasa negeri.. Bayarlah  iuran TV anda dalam 5 hari untuk menjaga kelancaran siaran..

Produk lain yang menguasai pasaran adalah Mie Instant.. hanya disini diberi nama berbau PNG – Kakaroo (Kukuruyuk) alias cap Ayam… Nyata-nyata ditulis pabriknya di Bekasi. Mereka menggunakan jingle dari cerita 7 manusia cebol.. Kerja Kerja Ayo Kita Kerja…

Maunya Mie Instant rasa Soto AYam… tetapi masakan ini tidak dikenal di PNG.. Jadi gambar ayam yang dipasang.. dengan label rasa Sup Ayam Special..

Lantaran itu pula saya “Ngecap campur Ngemie” -Mie ini dimakan dari gembel sampai Presiden republik kami lho..

Indonesia – bukan yang lain – semoga tidak cuma sampai di TV dan Mie Instant saja..

PNG 5 April 2014

Advertisements