Biar bukan PM Inggris, orang RigPengeboran juga tidak pakai cincin kawin


IMG_1352-001Bukan cuma cincin kawin, orang Rig Pengeboran yang notabene umumnya pria juga diharamkan pakai kalung, pakai anting, pakai jam tangan logam. Mereka hanya dibenarkan menggunakan jam tangan bertali plastik. Keponakan saya, bercerita bahwa sang suami doyan sekali makan masakan Padang berkuah pedas yang baru afdol disantap dengan jari tangan sampai satu ketika karena lemak, cincinya lepas dan ikut terbuang bersama bungkus.

Dulu..sekali orang rig memiliki kebiasaan menggunakan helm aluminum yang memang gagah kalau dikenakan.  Yang unik – makin pletat-pletot helm ini menunjukkan tingkat pengalaman sang pemakai. Pemakai yang emosional, kerap membanting helmnya manakala mereka jengkel atau frustrasi akan pekerjaan yang tidak berjalan sebagaimana dikehendaki.

Lalu beberapa orang yang memiliki jiwa seni menempa(h) – helm logam ini ke KOTAGEDE – Yogyakarta untuk diukir. Namun kebiasaan ini harus ditinggalkan sebab bahaya akan arus listrik.

Bahkan untuk meningkatkan keselamatan  kerja para pekerja dilengkap dengan sarung tangan yang diberi tulang karet sehingga mampu melindungi tangan pekerja dari  jepitan, atau tertusuk benda runcing.

Lantaran rig pengeboran – banyak menggunakan pipa-pipa besar yang didorong digelundungkan, maka terjadi potensi jari terjepit. Sebagai ganti tangan dan lengan , orang mendorong pipa dengan menggunakan tongkat khusus untuk itu…

Semua demi keselamatan pekerja itu sendiri..P1020104

Advertisements