Sadel Sepeda Juga diperlakukan seperti Ban


Kadang kalau bersepeda terlalu lama, daerah sekitar bokong, selangkangan yang bergesekan dengan pelana (saddle) siklis kita mulai terasa nyeri, terkadang kram.

Keadaan menjadi menjadi-jadi apalagi kalau sadelnya keras.

Dipasaran tersedia sadel yang sudah diisi angin, sehingga kekerasan dan keempukan ban yang cuma disarankan 5psi ini bisa diatur oleh penunggang sepeda. Jangan kuatir soal pompanya sebab setiap pembelian diberikan pompa tangan yang bentuknya lebih kecil ketimbang pompa tensimeter manual yang biasa dipakai oleh para dokter atau mantri di klinik.

Seperti halnya ban sepeda atau barang-barang berbantalan angin maka tekanan pelana setiap dua bulan sekali mulai berkurang. Pelana ban yang mulai kempes mudah dikenali. Pertama kalau dipergunakan, pelana rasanya empuk. Tetapi manakala ketemu medan bergeronjal, jalanan tak beraspal maka ia mengeluarkan bunyi engket-engket macam kursi rotan kalau diduduki Poo si KungFu Panda.

Cara memompanya cukup hubungkan pompa tangan (gratis dari penjual), lalu tekan bola karet perlahan-lahan. Entoh pemilik sepeda juga biasanya memiliki pompa tangan.

SETELAN BUANG UDARA

Sadel siap dipompa.. Pompa gratis diberikan penjualnya.

Pas nempel di bola karet ujung dari selang hiljau ada sambungan terbuat dari kuningan yang fungsi lainnya adalah untuk mengempeskan sadle.Caranya putar sekrup kekiri..

Tentu saja anda bisa mengempeskan sadel dengan menekan kelep pada sadle. Tidak rumit, semua seperti dibuat secara instinctive. Baca petunjuk di bungkusnya malahan bikin bingung.

Sekarang naik sepeda makin nyaman saja. Apalagi sejak diperkenalkannya sadel dari Dr. Air

mbambangse  at yahoo dot com dot au

Advertisements