Pasang GPS untuk sepeda


Lantaran sudah pensiun maka beberapa perkakas yang dibeli dengan uang pribadi untuk keperluan kantor (kok mau?) beberapa bulan ini menganggur.

Salahsatunya adalah GPS handheld merek Etrex dari Garmin. Dulu waktu dipromosikan sebentar menjadi Directional Driller Coordinator, saya menggunakanalat ini untuk mengecek lokasi pengeboran.

Lho, bukankah client sudah memiliki data tersendiri.  Jujur saja, ada beberapa data dari client setelah kami plot., misalnya lokasi pengeboran yang akan datang terletak dekat pasar. Tetapi hasil survey, menunjukkan lokasi rig darat ada di tengah laut selat Karimun. Tugas saya adalah meyakinkan bahwa data yang kita baca sudah tidak diragukan lagi. Sekalipun awal mula bekerja dengan client, umumnya mereka tersinggung bahkan ada yang keluar kata-kata “kami bekerja dengan perusahaan lain tidak pernah masalah..”

TAHAN CUACA

Garmin handheld sesuai dengan namanya, memang dirancang untuk pekerjaan outdoor. Handphone seperti IPHONE memiliki kemampuan cerdas soal GPS tetapi kalau musim hujan mendingan disimpan dirumah ketimbang alat mahal tapi masuk angin.

Pertama saya searching ke kaum Kauskasian, beberapa ada yang bilang punya barang “stock” – tapi cobalah cecer mereka dengan mengatakan saya akan bayar Cash On Delivery. Anak saya yang fanatikus kelompok ini bukan sekali dua dia tertipu, namun ada juga penjual online yang baik hati dan jujur.

Dalam kasus saya, semua komunikasi melalui email. Tentunya berkirim SMS dianggap menipiskan margin. Tetapi giliran  kasih harga,  biasanya aduhai supaya kita ndak jadi bertransaksi.

Akhirnya saya dapat juga pesanan ini di AMAZON sekalipun ongkos kirimnya nyaris sama dengan harga bracketnya.

Pertama adalah memasang bracket tempat GPS menempel. Sebelum terjadi kesalahan maka saya tekankan bahwa yang saya pasang adalah Monochrome, Handheld (H), Garmin dengan merek dagang Etrex. Sesuai dengan namanya GPS ini digunakan dilapangan, jadi belum dilengkapi peta atau fasilitas canggih lainnya. Etex handheld menggunakan 2x AA batterei.

Setelah bracket terpasang, tugas selanjutnya membuka back cover (penutup) baterei Garmin yang aseli. Perbedaan tutp baterei yang aseli terhadap yang baru hanya terletak pada tambahan slot untuk memasukkan Garmin kedalam bracket.

Sekarang Garmin sudah siap dipasang.. Anda bisa dapat kecepatan bergerak sepeda, lama ngaso, kecepatan maximum, serta jarak dan waktu tempuh selama menggowes.

Advertisements