Bahasa “Inggris” yang kerap didengar (1)


  1. Ada tilpun berdering diruang kerja Mud Logger – lantas isinya instruksi dari Dick si Company Man asal Texas – “Mudlogger Set Your Pump Stroke to Zero, we start Circulate Bottom Ups.” 

Ini bukan pengumuman biasa.

Pertama mudlogger akan mereset Pump Stroke Counter menjadi Nol. Dulu pump stroke counter memang dibuat dari Tachometer mobil yang dimodifikasi sehingga saat ada kegiatan pompa, mereka bergantian, saling berbunyi klik..klik.

Teman-teman teknisi malahan membuat pump stroke macam timer, artinya bilamana mencapai angka tertentu alarm berbunyi sehingga mudlogger akan memberi tahu kepada Juru Bor, kepada Tool Pusher, kepada Drilling Supervisor bahkan kepada rekan Mud Engineer dalam artian semua cutting dalam lubang sudah disirkulasikan keluar habis (bottoms up).

Tentu mudlogger harus dibekali pengetahuan Geometri atau Profile Lubang Bor, Panjang DrillPipe yang ada dalam lubang serta ukuran garis tengah luar dan dalam, Panjang DrillCollar dan ukurannya, panjang Heavy Weight Drillpipe mulai dari ukurannya,  jumlah section lubang bor mengingat lubang bor minimum ada dua section. Pertama Section lubang bercasing, kedua section lubang terbuka. di lepas pantai malahan ada section ukuran Pipa Riser.

Sudah barang tentu tugas mudlogger adalah mengumpulkan serta membungkus dan memberi label cutting yang naik ke permukaan. Aturan yang praktis, kumpulkan cutting sebanyaknya entah diminta atau tidak oleh para Wellsite Geologist. Sebab sekali cutting hilang karena terlanjur dibiarkan maka MudLogger akan bermasalah dengan data.

Yang tidak boleh dilupakan adalah Waktu dan Tanggal kapan mulai sirkulasi. Dan jangan pernah lupa mencatat dalam buku Agenda Bersama (Mudlogger Wajib mengisi Agenda, sehingga terlatih menulis dan membuat laporan). Berani jamin – teman dari Directional Driller, MWD LWD, Bit Engineer akan girang sekali mendapat informasi seperti Awal Sirkulasi, lama sirkulasi dan Stop Sirkulasi. Jangan pernah menggantungkan ingatan, sebab boleh jadi beberapa minggu atau bulan kemudian ada pertanyaan sederhana seperti Kapan Sirkulasi berhenti.

Advertisements