Kantong Plastik A4 pembuka rahasia seorang Ayah


Siapa nyana, kantong plastik ukuran A4 yang biasa dijual seribuan per lembar di pasar Grogol, mampu membawa seorang sohibat saya sebut saja mbak Ning, seorang just simple instruktur kebugaran, menghadap ketua PMI yaitu bapak Yusuf Kalla dan Istana Merdeka menghadap Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Mudah-mudahan keluarga mbak Ning yang sebentar lagi akan memperingati satu tahun kehilangan IMAM rumah tangganya mas Tanto dalam kecelakaan pesawat tempo hari. Tidak keberatan akan tulisan ini.

Almarhum Mas Tanto memiliki kebiasaan menaruh semua surat berharga seperti KTP, SIM, Kartu Kredit dalam kantong plastik sebelum menjalankan tugas sebagai Teknisi pesawat. Saya meniru yang sama sebab tahu bahwa tas laptop, tas kamera, tas sandang kita umumnya sering “ngepleh” loyo kalau terkena hujan, semburan air laut saat berlibur.

Dan dalam tragedi pesawat yang menimpa mas Tanto, salah satu alat identifikasi yang masih dipercaya adalah tas pinggang kesayangannya yang didalamnya sudah tergenang minyak Avtur tetapi tidak sampai merusak dokumen. Mbak Ning sang istri dalam kesedihan masih menyimpan peninggalan suami tercinta dan CellPhone-nya.

Lalu suatu saat – HP almarhum berbunyi dan seseorang mencoba menghubungi almarhum (tidak mengikuti kejadian kecelakaan) sebab diluar dugaan, mas Tanto adalah pendonor darah kelas EMPU sehingga penghargaan harus diberikan oleh Ketua PMI dan Presiden Pribadi. Tetapi ini negara semua harus ada hitam putih. Sekalipun membuat eKTP nggak kunjung beres sampai sekarang, tapi lembaga negeri selau meminta fotocopy KTP, dan KK.

Beruntung kartu Donor, KTP bahkan kartu keluarga mas Tanto yang menunjukkan 4 digit sebagai donatur ada didalam kantong plastik A4.

Mbak Ning sedikit panik, sedih campur dengan bangga ketika ia harus pakai Kebaya, Sanggulan, Jilbab lalu menemui pak Yusuf dan pak SBY. Mimpipun tidak pernah ibu dua anak ini ketemu Presiden RI.

Sewaktu ditugaskan dalam divisi Mudlogging, kemudian Directional Drilling, saya menggunakan A4 untuk membungkus “Invoices dari teman Spesialis  Bor Miring sumur minyak” yang sudah ditandatangani oleh pengawas lapangan (Company man). Tujuannya kalau ada kopi tumpah atau kehujanan, dokumen tetap selamat.

Advertisements