Manfaat Jalan Pagi (2)


Diantara “explorasi” jalan kaki sampai jelek (kaki saya) yang saya lakukan sewaktu menengok Lia putri saya adalah keluar masuk HDB (Perumahan Rakyat Singapura) – Sering terlihat sepeda rusak, berkarat sebagian onderdil sudah dipreteli. Mungkin pemiliknya tidak mau repot cari bengkel maupun tambal ban yang memang tidak setiap tikungan ada. Kalaupun ada biaya teknisi sepeda akan lebih besar ketimbang keseluruhan harga sepeda.  Di Giant Supermarket, harga sepeda berkisar Sin 80 (tarif bawah). Tentu saja yang ribuan dollarpun banyak.

Cuma belum pernah dengar sih ada kasus macam di Jakarta yaitu Petani Ban. Tanam Paku panen Ban Bocor.

Pengelola gedung akan menempelkan semacam surat peringatan manakala benda mangkrak ini sudah terlalu mengganggu pemandangan.

Jalanan untuk pejalan kaki yang sharing dengan sepeda. Kelak kalau daerah ini sudah berkembang, jalanan ini akan diperlebar.

Tindakan “nakal” lain adalah manakala ada keluarga yang ngetem  “bangku untuk kongko keluarga” selama 24 jam. Masalahnya kalau gang didepan kita sudah mulai dihiasi bangku, sandal, pot bunga keruan saja kita akan enggan  melewatinya dan ini yang diharapkan keluarga nakal tadi.

Punggol 10-Des-2011
mimbar <dot> saputro  <at> yahoo <dot> com <dot> au

Advertisements