Dari Stress Makan Kepiting, terbitlah Makan Kepiting Stress


Biasanya saya stress makan kepiting. Capitnya menggiurkan, giliran mau dimakan musti cari tang pemecah tulang. Selalu banyak bagian tubuh yang tidak bisa dikunyah lantaran cangkang kepiting yang keras.

Maka Jumat kemarin saya cuma bisa “he-eh” ketika diajak makan kepiting Lemburi atau Soka yang diiklankan oleh rekan saya, cangkangnya boleh dimakan. Mirip orang stress.

SOKA = Cangkang Lunak

Bagaimana tidak stress. Dari soal nama, generasi saya amat mengidamkan bisa bikin rumah dengan genteng buatan SOKA. Cetakan tanah liat merahnya halus, kokoh dan tahan lama. Semangkin kena panas matahari semangkin kuat. Kok sekarang malahan dikonotasikan Kepiting “SOKA” Cangkang Lunak.

Ada juga sih yang kasih nama Kepiting Lemburi, atau yang tebal peri Kepitingannya menyebut mereka Golongan Kepiting Bakau tapi terlanjur dilecehkan sebagai kepiting ecek-ecek.

Stress lain dari kepiting ini adalah ketika CAPIT kebanggaan mereka dipotong oleh sang Induk Semang. Alm Benyamin Sueb bakalan tidak bisa melantunkan lagu “BANG JAMPANG” – yang dalam liriknya ada “Kepiting Menjapit Kerang, Kerang dijapit Gelombang Batu.. Pasang Kuping yang terang, Nih kenalin Jampang Jago nomor Satu..”

Kalau saja di dunia Kepiting ada wayang, maka pak dalang kepiting pasti mengumpamakan kepiting loyo tak bertenaga sebagai YUYU ILANG JAPITE.

Seperti tak putus dirundung azab – kaki belakang kepiting yang bersegmen-segmen juga di amputasi agar mereka tidak berlari kesana kemari, apalagi lantas membuat lubang dan sembunyi ke rumah tetangga. Paling disisakan kaki depan yang mau tidak mau – kalau normal saja jalannya sudah nyamping, sekarang menjadi Kepiting Ngesot.

Daripada stress, maka para wadya bala YUYU atawa kepiting berlomba mempercantik diri dengan kerap berganti kulit cangkang. Mereka tidak sadar tindakan ini memicu sang pemilik segera memanen mereka untuk dilumuri pakai tepung dan campuran Telur Asin menjadi masakan lezat di restoran.

Model : warga Kepiting Pondok Geulis – Jalan Margasatwa
Spesifikasi Teknis: Asal jepret pakai HP

Advertisements