CekList


SESAJENNYA PERMEN M&M

Perusahaan kami punya kebiasaan membuat ceklist.Terutama kalau untuk memulai suatu pekerjaan.

Tetapi reaksinya sungguh luar biasa. Dalam arti kata, jarang dan jarang sekali pihak yang diberi ceklist akan mengisi apalagi mengembalikannya. Ceklist masih dianggap seperti menggunakan Helm atau Sabuk Pengaman pada era 1960-an. Alias ribet bin “cari kerjaan saja..”

Lantaran ceklis dianggap biang ribet, padahal biang penting – David Lee Roth punya kiat tersendiri. Oh ya Roth adalah penyanyi band cadas asal Amerika ini.

Group Band Van Halen – kalau tour keliling paling tidak membutuhkan sembilan tronton 18roda. Padahal grup lain cuma tiga atau empat tronton. Belum  lagi awak band yang berlimpah untuk meyakinkan semua alat bekerja baik.

Namun ada satu permintaan manajer grup yang dipandang aneh. Dalam kontraknya setebal Yellow Pages tersempil satu permintaan sederhana – satu toples permen M&M harus ada dibelakang panggung.

Uniknya diantara permen yang beraneka warna, mereka mengharamkan permen coklat. Dalam autobiografy “Crazy from the Heat” – ia pernah bersikeras membatalkan pertunjukan di Colorado. Cuma gara-gara menemukan permen coklat diruang ganti pemain.

PASAL 126.

Ternyata oleh para ahli manajemen – ini adalah strategi cerdas sebuah pengejawantahan teknik Ceklist buat promotor band. Akan banyak terjadi kesalahan teknis seperti balok kurang kuat, panggung ambles atau pintu kurang besar untuk memasukkan peralatan.  Maksudnya, kalau permintaan simplemente setoples permen tidak bisa dipenuhi, jangan harap kita mampu mengerjakan pekerjaan yang kebih besar dan beresiko HSE. Ada pepatah “The devils is on details” – kesalahan biasanya berasal dari hal yang remeh temeh.

Manajer Van Halen telah membuat sebuah CekLis! – mudahan bukan dipandang sebagai permintaan konyol pesohor yang gila sensasi.

Lantas saya lihat di meja rumah – selalu tertulis dikertas bekas prin-prinan “Mak Kasih, besok ke pasar, bawang setengah kilo, lele dua kilo, cumi lontar seperempat kilo, kalau ada kangkung dst…

Yang meniru menulis ceklist baru putri sulung saya. Kalau hendak bepergian selalu selembar kertas ditempelkan didinding berisi tulisan Sikat Gigi, Odol, Deodoran dsb..

· · Bagikan · Hapus

Advertisements