Kadang perlu juga HP dengan dua provider


Lihat Lapisan Minyak Bumi

***MINYAK DALAM PIPA BOR DIPERMUKAAN***

Rekan saya AWD seorang pakar pengeboran berarah, mengirim pesan singkat, bahwa mata bornya menembus lapisan yang “boros lumpur.” Ini maksudnya kalau isi lubang bor dihitung ala isi sebuah silinder adalah seratus liter, ternyata setelah diisi seribu liter tidak pernah penuh. Di pemboran kita tidak bilang gara-gara diminum ANTABOGA (Naga Tanah), atau keluwung bumi, melainkan karena terjadi sungai-sungai mini nun dibawah perut bumi sana.

Kami menyebutnya “Total Loss Zone”. Biasanya – karena keteteran mengisi lubang bor, kami menggantikan lumpur bor dengan air sungai (kalau pemboran darat) sebelum melanjutkan pengeboran ala “membabi buta” alias “blind drilling.”

Pemboran babi buta biasanya minus informasi lantaran cuma lobang yang didapat – sementara data lainnya susah didapat, termasuk apakah mata bor sudah memasuki lapisan minyak atau belum.

Persoalan lainnya, dalam keadaan sumur dengan perut kosong, maka pemboran berjalan “glodangan” lantaran tidak ada peredam getar berupa lumpur. Gampangnya coba anda mengocok adonan kue pakai blender. Anggap adonan adalah lumpur bor. Lalu buang adonan dan biarkan blender tetap berputar, sebagai simulasi lubang tanpa lumpur. Perhatikan bedanya. Pisau blender akan “mlanting” kesana kemari serta anda akan merasakan blender bergetar hebat. Mudlogger baru nyadar kalau pisau blender lumpurnya patah kalau mendadak tidak ada aliran lumpur dalam waktu lama.

Di pengeboran – kalau terjadi bor BB (babi buta) – yang kami kuatirkan adalah pipa bor putus karena getaran yang berlebihan, sementara alat deteksi MWD/LWD selain jadi “mati buyung” – karena tidak bisa mengirimkan data secara baik, ada ancaman alat elektronik yang terpasang di pipa bor akan mengalami kerusakan.

Tetapi beberapa jam kemudian – ia mengirim gambar MMS. Ada 3 kali tetapi gagal saya lihat berita yang ia kirimkan. Baru nyadar (lagi) provider Telkomsel yang kami pakai secara official – tergopoh-gopoh mengikuti teknologi.

Untung saya punya provider XL dan gambar yang ia kirimkan dapat saya lihat.

Sejatinya – teman-teman dari rig sering mengirim gambar eksklusif seperti suasana mengontrol lubang bor yang sedang “stress” nyaris mengamuk. Lalu diujung sana gas yang sedang marah mulai menyembur dan terbakar dipermukaan.

Advertisements