Ada Bunker di rumah anakku


Setiap Rumah Susun Singapura di beri Gudang yang berfungsi sebagai Bunker jika negara dalam darurat diserang musuh mereka

Keluar masuk gudang menyimpan kopor-kopor lama, saya baru nyadar bahwa gudang yang satu ini sekalipun ukurannya saya taksir 3mx6m (barangkali over estimate) ternyata dilengkapi dengan lubang hawa yang diberi filter. Gudang ini tidak boleh dipaku, di bor atau dimodifikasi. Bangunannya sangat kokoh, tulang belulang tebal bahkan pintupun terbuat dari besi.

Ternyata dalam keadaan darurat, gudang bisa berfungsi sebagai Bunker darurat. Ada stiker dipintu masuh ditulis dalam bahasa China, Inggris, Hindu dan Malay mengenai tata cara kalau dalam keadaan darurat. Misalnya dianjurkan bawa Senter, Radio, Air Minum.

Ssalah satu peringatan untuk tidak memodifikasi Tembok Bunker eh Gudang rumah susun
Lubang Angin Bunker Perumnas Singapura

Lha kok negara yang sering kita bilang kecil, diledek orang sejakarta kencing bareng bakalan Singapur banjir kok pemerintahnya sempet-sempetnya mikirin perlindungan bagi rakyatnya. Sementara dinegeri kita Tabung Melon meleduk disana sini, kita masih sibuk bertelewicara mencari siapa yang salah.

Advertisements