Tusuk Gigi


Mungkin agak aneh bagi sementara orang, jauh-jauh ke luar (negeri) saya malahan membawa oleh-oleh tusukan gigi. Tapi cobalah sisa makanan sesekali tempo menyangkut disela gigi. Sakitnya ampuun seperti menekan ke penjuru otak selatan utara kiri dan kanan.

Cungkil gigi yang digigit oleh Ivan dalam filem Iron Man2 juga sempat saya perhatikan jenisnya apakah terbuat dari bambu atau dari kayu.

Apa istimewanya tusukan gigi? Irisan bambu yang kadang dibuat secara kasar sampai-sampai ada helai bambu tersisa menggapai-gapai, jangan jangan menambah slilit. Atau terbuat dari kayu yang terkadang juga masih kasar.

Tusuk gini yang saya beli terbuat dari plastik, satu ujung tajam – ujung lain menyerupai sikat. Kegunaannya begitu sisa makanan nyangkut dan membandel maka dibutuhkan sebuah sikat mungil yang dimasukkan diantara sela gigi, diputar sebentar dan hap, sisa makanan ditangkap. Ndak heran pabrik pembuatnya menyebut tusuk gigi “koalisi”ini sebagai FLOSSTICK disertai aturan pakainya seperti:

  • Insert in-between gaps of teeth
  • Use a rotary or back and forth motion

Sayangnya tidak disebutkan aturan yang ketiga yaitu tusuk gigi juga bisa untuk untuk makan rujak. Atau pembuat pincuk (piring daun pisang). Tapi biasanya toothpick saya pakai kalau dental floss tidak menolong.

Advertisements