Presenter atau Dispenser


Di awal acara santai, misalnya minggu pagi tak jarang dihadirkan dua presenter lelaki dan perempuan. Biasanya mereka membuka acara dengan joke kecil. Misalnya “pemirsa suasana di sini sejuk, mungkin karena saya orangnya “cool” – lalu ditimpali presenter yang lain, kalau saya merasa kepanasan mungkin karena saya orangnya hot. Akhirnya mereka bergumam, kita ini presenter atau dispenser. Joke yang cerdas menurut saya.

Namun tak jarang – terutama pada acara wawancara presenter ngotot seakan ingin menggiring nara sumber kedalam “jebakan” yang mereka buat. Misalnya terjadi musibah pesawat. Sudah sejak awal dikatakan bahwa tim SAR belum bisa mendekati sasaran karena cuaca tidak bersahabat. Entoh mbak presenter kita kadang dengan suara tinggi mendekati tidak nyaman didengar, nyaris berteriak, bertanya – jadi menurut tim SAR adakah korban yang selamat.

Di kesempatan lain seorang Ustad yang diperkenalkan sebagai bekas anggota JI.  “Ustad, apakah menurut ustad – nama tokoh yang kami sebut tadi ada hubungannya dengan Nurdin Top?”

Ustad : “saya tidak tahu, sebab dalam daftar alumni nama tokoh Mr. X ini tidak pernah ada kenapa sekarang muncul? – saya tidak kenal”

Presenter : “kalau begitu menurut ustad, benarkan dia masuk petinggi JI atau cuma relawan bunuh diri…”

Ustad: “ya kalau ditanya begitu saya tidak tahu…”

Tentu terlalu gegabah kalau saya sampai bilang “stupid question got stupid answer

Atau kasus yang masih hangat saat presenter mewawancarai pk RT mengenai catatan pribadi pemilik rumah yang dipakai kelompok Nurdin Top di Kampung Beji Temanggung. Berkali-kali pertanyaannya adalah “apakah anda tahu bahwa rumah kediaman Haji S digunakan kelompok teroris ” – berkali-kali pak RT menjawab tidak tahu, namun pertanyaan serupa mencecar juga. Sampai pak RT tertawa kecil “lha wong saya memang ndak tahu.. Harus bagaimana”

Lebih aneh saat anda membandingkan gara reportasi dua media TV. Satu presenter membawa “drama” dengan mengatakan ada anak kecil, ada nenek yang disandra oleh Nurdin Top. Lalu bagaimana tindakan DenSus menyelamatkan sandera. Sementara saluran lain mengatakan bahwa hanya satu orang didalam bangunan tersebut yang diduga NurdinM Top.

Advertisements