Sanca Bibir Putih


Teman-teman yang bekerja di Rig Pengeboran Darat sering menemukan jejak binatang liar.

Kalau yang rajin bawa kamera, mereka bisa segera mengabadikan obyek yang ditemuinya. Nick salah seorang pekerja di Pegununganforest-wallaby_nick bakerd'albertis-python_NickBakerd'albertis-python_3695_Nickbaker Papua Nugini pada awal Juli 2009 malam lalu berjalan sekitar tempat peristirahatan mereka.

Sekitar 200meter dari perkemahan dia melihat mahluk reptil yang agak jarang ditemui  yang dinamakan Sanca Bibir Putih.

Segera dia jepret gambar tersebut dan disebarkan kepada teman yang lain. Saya pikir sayang kalau cuma sebatas dikirim ke email, gambar hasil jepretan Nick atau nama lengkapnya Nick Baker saya masukkan sebagai dokumen pribadi saya.

Binatang lain yang sering dijumpai disini adalah Wallaby, sejenis Kanguru tanah.

Rata-rata ketinggian pegunungan “papua nugini” adalah 1600meter diatas permukaan laut. Batuannya adalah kapur seperti terlihat “tanah” berwarna keputihan. Karena medan yang sulit dicapai oleh kendaraan roda empat, beberapa dukungan logistik dilakukan dengan pertolongan helikopter.

Sekalipun Heli yang akan mendarat menimbulkan suara gemuruh dan desiran angin yang kencang, namun peraturan tetap peraturan yaitu berupa sirine panjang sebagai peringatan kepada pekerja dibawahnya untuk menyingkir sampai heli selesai dengan pekerjaan bongkar muat barang.

Begini surat dari Nick Baker: “Chaps, Here’s some shots of wildlife taken outside the Hedinia Camp last night, less than 200 metres from the entrance.  The snake is a D’Albertis Python (or White-lipped Python) and the mammal is some sort of Forest Wallaby.”
Advertisements