Jam disetel pakai gelombang Radio


1004976_rgb_mMendadak sebuah email dari kantor mengucapkan selamat bahwa saya telah menyelesaikan hubungan kerja selama lima tahun. Padahal lima tahun yang lalu saya bekerja pada perusahaan nyaris sama. Bahkan nyaris enam repelita. Tetapi namanya dunia pertambangan, mirip pelana kuda. Ada naik dan ada menurun.

Lalu sebuah link diberikan kepada saya, isinya, “silahkan pilih hadiah yang diinginkan?”

Agak bingung juga sebab dari puluhan hadiah yang ditawarkan oleh OCTANNER sang OE, semuanya bagus.

Kalau mau jam tangan, saya pikir buat apa sebab biasanya anak saya complin “jam jadul“, mau cincin emas dikira dari bekasan wakil rakyat kita.

Kalau pilih pulpen, saya sudah pernah punya beragam pen dari yang ditawarkan orang di airport dengan iming-iming selundupan pramugari dan pramugara dari luar negeri. Padahal aselinya di luar negeri sana harga barang juga tidak murah.

Akhirnya saya berkesimpulan pen yang pas di tangan kok cuma keluaran SHEAFER. Sementara pen dengan warna kondang hitam berpeci putih, cuma menang cantik kenes, tetapi sekali akan didaya gunakan persis Ratu Kecantikan ndak becus di dapur.

Akhirnya saya pilih jam meja sebab iklannya agak mengagetkan.

Pertama katanya sebaiknya menyetel dikerjakan pada malam hari. Begitu – baterei dipasang, dekatkan jam meja pada jendela agar bisa menerima gelombang radio yang dipancarkan dari sebuah setasiun radio di Amerika dapat menyesuaikan waktu secara “on air”.   Dengan pemancar gelombang panjang, maka jam di Jakarta langsung diracun agar menjadi pejah gesang nderek Amerika.

Setelah membaca manualnya, hup beegitu baterei dipasang, tangan menit langsung berputar cepat dan berhenti pada jam 16:00. Rupanya jam ini harus disetel apakah mau ikutan negara bagian Amerika yang mana. Masih ada setelan DST (Daylight Saving).

Tapi saya memilih menonaktipkan DST dan Waktu negara bagian, dan menyetelnya sesuai dengan Waktu Indonesia Barat.

Sekarang jam menjadi kesayangan saya. Tiap menit saya cocokkan. Mudah-mudahan jam yang sudah lebih tua dari umur anak saya tidak iri.

Advertisements
Posted in Jam