Sedot Air dari Jantung


Serem betul kedengarannya, menyedot air dari Jantung. Pasti menggunakan suntikan raksasa dicubleskan kedalam tubuh. Sakitnya melebihi sang jagoan digadang-gadang jadi minimal Cawapres, tahu-tahu tidak direken.

Paling tidak demikianlah yang digambarkan keluarga kami manakala ayah mertua (80– tahun), yang sering mengeluh napasnya tersengal-sengal yang ternyata mengandung air dalam jantungnya.

Untung Dokter “L” yang lembut mengatakan bahwa cairan dikeluarkan melalui air seni pasien. Mula-mula pasien di infus dan sedikit semi sedikit obat “lasik” – lalu air seni ditampung dan diukur. Kalau infus masuk 1 liter diharapkan air seni yang keluar lebih dari itu. Ternyata cara ini mujarobat bin mujarab. Perlahan kaki ayah mertua yang semula membengkak sekarang nampak mengempis. Gangguan datang saat pasien mengeluh kakinya kram. Rupanya karena ekses cairan mulai dibuang kaki beliau mengalami kejang-kejang kecil.

Hari kedua ayah sudah bisa ke kamar mandi sendiri dan nampak gembira. Apalagi kedua cucu lelakinya datang menghibur. Satu saat ayah minta ranjangnya sedikit dinaikkan agar ia bisa melihat “cinta untuk Marvel” kesayangannya. Cuma kali ini kami bisikkan untuk tidak “ngepol” setelan volume TV agar tidak mengganggu pasien lain. Sayangnya tidak ada pengunjung yang tahu bagaimana caranya mengoperasikan ranjang elektrik ini. Sampai akhirnya Dito (kelas 3SD), sambil tetap penuh perhatian kepada mainan Sonynya, tangannya seperti acuh tak acuh menekan tombol.

Dan jreng, perlahan ranjang menyesuaikan diri. Ayah ketawa lebar sambil menciumi cucunya. Itulah obat paling mujarab. Tertawa.

Tapi yang paling mencengangkan adalah selama puluhan tahun di meja mudlogging, saya selalu melihat suntikan “syringe” berukuran jumbo 50cc, padahal umumnya suntikan adalah 5cc. Baru di rumah sakit harapan kita pertanyaan tersebut dijawab, seperti pada gambar. Obat disuntikkan perlahan selama 24jam. Agar penyuntikan berjalan stabil dan susternya tidak pegal, maka fungsi manusia digantikan mesin.

Dan satu lagi, hampir peralatan mudlogging yang kami jalankan umumnya berasal dari teknologi kedokteran.

Advertisements