Teh OBENG dan Omelet


Tatkala sebuah perusahaan teh semacam Sosro – memperkenalkan produksi teh yang sohor  sebagai Teh Botol maka dengan jargon-jargon dagang seperti “makannya boleh apa saja, asal tehnya ….” – maka tak kurang muncul produk serupa seperti teh Tang, teh Tjatoet yang siap menggigit calon pembeli.

Dan ketika kesempatan mengunjungi NAGOYA – Batam  saya langsung main tuding Teh OBENG. Tidak perlu risau untuk mencoba hal yang baru, apalagi soal makanan dan minuman. Katanya di Batam, Es Teh Manis namanya Teh Obeng.

Tak lama kemudian jreng. Datang pesanan kami berupa cairan teh dalam botol yang selama ini kami sebut sebagai “Teh Botol Sosro..”

Saya sekarang risau mencari penjelasannya padahal selama ini prop teh tersebut dibuka dengan alat khusus, dan hanya botol kecap dilubangi pakai Obeng.

Memotret dari meja kosong sebelum berburu "OMELET"
Memotret dari meja kosong sebelum berburu "OMELET"

Di kesempatan sarapan pagi, disebuah hotel yang mbludak akan penghuni asal Singapura, saya mencoba memesan “omelet” – ini memang lagu wajib saya setelah nasi goreng yang hari itu menunya digantikan oleh Nasi Uduk. Kepada seorang sepertinya juru masak karena mengenakan topi koki, saya bilang saya boleh order “omelet”. Pandangan matanya susah saya artikan. Lalu ia berjalan menuju tumpukan makanan yang masih tertutup tudung stainless steel. Ia ambil penjepit, ditunjukkan kepada saya “ini omelet”

Seperti tidak percaya mata, malahan tepatnya seperti  tidak percaya mata dan pendengaran akan berita di TV bahwa ketua KPK kita terlibat sangat kental dengan aroma pembunuhan berencana, saya tanya sekali lagi “ini omelet..?”

Sekali lagi ia mengangguk dan meninggalkan saya yang memandangi gorengan telur dadar nyaris dingin senyap.. Saya lirik arloji dipergelangan tangan jam 07:45pagi tanggal 2 Mei 2009. Hotel boleh apa saja, tetapi omeletnya harus ada.

Mungkin hanya jurumasak hotel besar ini yang berani mendeklarasikan Telor Dadar sebagai Omelet.
Mungkin hanya jurumasak hotel besar ini yang berani mendeklarasikan Telor Dadar sebagai Omelet.

mimbarsaputro.wordpress.com

Advertisements