Nunak Nunuk alias bingung dan meraba-raba


Mulai Senin 20-24 April kami ditraining menggunakan software yang namanya SAP. Konon software ini termasuk software integrasi mulai dari membuat Sales Order, Invoice sampai ke urusan kepegawaian. Karena software ini memang bukan di tailor made (dibuat sesuai kebutuhan), maka ada beberapa term-term yang membingungkan orang seperti saya. Lebih celaka lagi, mungkin saya adalah orang yang betul-betul gress terpapar dengan software.

Instrukturnya Marcel dan Ellis, dua-duanya anak Indo yang bekerja di Houston. Konon sebelum mengajar kami, mereka melatih bahasa Indonesianya terlebih dahulu. Indonesia adalah negeri yang paling pertama diberlakukan sistem SAP ini, pasalnya negeri ini masih dipandang paling rawan (Hi Risk) untuk berbisnis disini.

Lantaran selama ini ndak pernah mengenal akunting maka akibatnya selain paling tua sayapun menjadi bahan gurauan teman-teman.

Mbak Hera dan Selis misalnya selalu ngakak mengapa saya “demen bener” – menulis dan mencatat di buku ukuran A4 hampir setiap ucapan sang instruktur Marcel dan Ellis. Dan karena saya bukan tergolong orang cerdas, maka “harddisk” saya seperti mesin AT bersaing dengan teman yang Core Duo. Mereka bergurau yang umumnya selalu menyambung ke “selang” sementara saya masih mencoba keras mencerna instruksi pelatih dan celakanya mengantuk.

Hanya saja, training ini sebagian besar dianggap sebagai acara perpisahan sebab dengan krisis global, satu persatu teman dirumahkan. Bahkan ada teman yang semula namanya begitu moncer sebagai “data entry” – mendadak pada hari ketiga kami trainning, kami dengar sudah mendapat PHK.

Menurut Wikipedia, sap  adalah nama perusahaan Jerman didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Kantor pusatnya di Walldorf, Jerman. Perusahaan ini mempekerjakan 35.873 pekerja pada tahun 2005.

Advertisements

One thought on “Nunak Nunuk alias bingung dan meraba-raba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s