Baik Baik saja mbah!


Keponakan saya yang lain Zidan usia sekitar 12belasan anak kelahiran Wates bukan di Purworejo melainkan di Metro- Lampung Tengah ini sedang berkejar-kejaran main petak umpet dengan adik lelakinya. Maklum anak lelaki. Tiba-tiba HP milik ayahnya pak Yusuf  berdering. Sepertinya tilpundari keluarga di Wates-Purworejo-Jawa Tengah. Kontan bahasa diubah menjadi dialek Jawa.

Piye Kabarmu ?

Kok mak jegagik, mendadak kedua bocah yang sedang playon (jawa bermain) langsung menghentikan aktivitasnya. Berdiri sikap sesempurna paskibraka menerima bendera duplikat, lalu keduanya saling menghadap ayahnya dan serentak menjawab “Baik..Baik Saja Mbah,” sambil kepalanya mengangguk persis burung pelatuk.

Tadinya pak Yusuf mengira anaknya kesambet setan pohon belimbing. Setelah sering mengamati acara TV baru dia bapaknya baru ngeh bahwa anak ini sedang meniru dialog dalam “Primbon saya cocok untuk anda..

Sekali waktu ibunya berteriak-teriak memperingatkan kedua anak lelakinya yang “bergantungan” pada sebuah truk yang berjalan lambat.

Lega hati sang ibu setelah tahu bahwa anak “nakal” yang gandulan di truk tadi hanya baju dan postur tubuhnya “kepala agak peyang” – yang mirip Zidan. Kelegaan ini disampaikan kepada tetangganya, “untung ya jeng anak saya tidak senakal itu.. bisa jantungan aku..

Tidak disangka lawan bicaranya menyahut  “sebetulnya sih Zidan dan adiknya sering juga ngganduli truk berjalan..” – kontan ibunya pusat pasi kuatir ibu sudah tubuhnya kecil dan kurus nanti jantungan pula.

Keponakan lain Gilang sering merepotkan guru Bahasa Inggrisnya lantaran setiap kali ibu guru memanggil murid bernama  AGUS, dia selalu nyeletuk “talking-talking only” – juga dari penggalan iklan di TV.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s