Anjing Setia


kastaSudah hampir delapan tahun Kasta, nama anjing botol ini bersama kami. Sekarang ia sudah uzur, sebelah matanya tertutup katarak.  Kalau diberi makanan, sekalipun cuma berjarak 20cm ia bisa kehilangan jejak. Berarti penciumannyapun mengalami penurunan. Namun kesetiaannya tetap tidak berubah. Apalagi kalau mbak Nani, asisten rumah kami pergi ke pasar. Kasta, seperti pada gambar ini tidak akan beranjak dari pintu pagar sampai mbak Nani datang. Ini juga bukan tanpa sebab, sebab dengan kedua mata yang mengalami gangguan sekali waktu ia keluar pagar. Sekali dua ia selamat, namun saat sialnya datang, Dalma dihantam motor yang berjalan cepat sehingga kakinya patah. Setelah sembuh nampaknya ia belajar bahwa di luar sana, lalu lintas bukan teman bermainnya.

Kesukaannya mirip kami yaitu roti bakar. Tentunya Kasta hanya mendapatkan pinggiran roti yang keras. Lucunya roti bakar berselimutkan selai kacang justru yang ia paling sukai.

Sekali waktu ia kami beri pasangannya anjing sejenis. Namun pasangan yang berbeda umur ini tidak panjang, Dalma, seekor anjing Teckel yang pernah meraih kejuaraan mati saat akan melahirkan anak. Sebetulnya kami sudah wanti-wanti kepada petugas di rumah untuk segera membawa Dalma bilamana ada tanda-tanda ia akan melahirkan. Sayang saat kami tinggal – mereka berpendapat lain bahwa dimana-mana anjing melahirkan dilakukan oleh induknya sendiri. Akhirnya ketika terjadi komplikasi dalam proses melahirkan, Dalma tewas.

Sejak itu kami tidak berniat untuk mengawinkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s