Anggrek


Betapa senangnya hati Madi,50tahun, melihat halaman belakang rumahnya yang tak seberapa luas di bilangan Jakarta Timur sudah mulai nampak hijau dan aneka rupa warna bunga.  Lalu ada penghuni baru berupa anggrek yang bergelantungan. Salah satu kesayangannya yang dijadikan ikon  Singapura adalah anggrek Bulan.

Sebagai pemula dalam tanaman hias, apalagi anggrek, rasanya belum berani nyali untuk menginvestasikan modalnya secara “tancap gas” ke tanaman anggrek maksudnya kalaupun gagal, kerugian tidak terlalu besar.

Tapi dasar manusia hatinya tetap saja tak sabar ingin agar halaman belakang rumahnya segera dipenuhi anggrek. Caranya, ia membeli anggrek plastik yang disamarkan diantara anggrek aseli. Kecuali dirinya tak ada yang bisa membedakan antara aseli dan aspal.

Suatu pagi ia melihat anggrek plastiknya yang dipasang di sayap timur nampak melengkung sehingga tangan cekatannya menekuk dan menarik daun dan bunga anggrek yang nampak lesu darah.

Perbuatan ini diam-diam diikuti oleh pembantu lelakinya yang baru, Pardi. Sayangnya daun yang dipotes-potes oleh Pardi adalah anggrek aseli (sayap barat) yang baru dibeli tuannya. Saat bunga anggrek aseli mulai memenuhi lantai, baru sang pemilik terkaget.

Ah dimana-mana barang palsu selalu membawa masalah. Tapi tidak selalu yang aseli bebas masalah. 

Pardi pernah membatu menjadi tukang di rumah kami. Karena pekerjaan tukang batu sudah selesai, saya memintanya menyambung kabel antene TV karena sedang dijangkungkan. Tidak disangka 3 kabel antene lain dia putuskan, lalu disambung menjadi satu. Akhirnya saya harus turun tangan menguruti jalur antena yang sudah dimultilasi kang Pardi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s