Jadi juga mak KwekKwek mudik 1429H-2008SM


Mak Kwek Kwek dalam keseharian
Mak Kwek Kwek dalam keseharian

Tadi pagi selepas meletakkan koran Warta Kota, mak Kwek-kwek langsung masuk ke ruangan pantry, membereskan cucian tanpa banyak bicara. Ini hari Sabtu 27 September 08. Mendadak ia pamitan kepada kami “mudik lebaran..” – padahal sebelumnya perempuan muda dengan empat anak ini tidak pernah memberikan sandi untuk berhajat nasional tahunan tersebut.

Mak Kwek-kwek bekerja di rumah sebagai paruh waktu. Ia datang mencuci piring, pakaian untuk pasangan suami istri over-sex(ketan), ambil koran di halaman depan, lalu kalau ada nasi atau lauk berlebih (umumnya ya), akan dibawa pulang untuk keempat anaknya yang masih kecil.

Ada beberapa pembantu “full time” yang melamar namun saya kadung jatuh hati melihat perjuangan hidupnya, apalagi ia jujur kendati kalau bicara selalu melengking bak lenong Betawi. Di luar itu jarak rumah kontrakan hanya selemparan batu.

Tidak lama kemudian di luar pagar terdengar suara pintu mobil dibuka, bluk.

Sebuah kendaraan mirip kijang berwarna abu-abu tua sudah menjemputnya. Rupanya salah satu kerabatnya “mendadak” menjadi baik setelah puluhan tahun tidak pernah menyambangi mereka. Semoga masih ada kaitannya dengan hikmah Ramadhan.

Tidak lama kemudian atap Kijang sudah bertengger “barang-barang” berbungkus plastik dan terpal.

Saya membayangkan saat diperjalanan nanti ujung terpal melambai-lambai sambil mengeluarkan suara mencicit karena bergesekan dengan angin. 

Pak Kwek-kwek sendiri tidak nampak dalam rombongan mudik. Ia memilih di rumah, sebab pengalaman mengatakan bahwa sekalipun sudah punya anak empat,sang mertua bak sinetron kita – berusaha menjauhkan ia dari istrinya.

Yang saya kuatirkan adalah anak-anaknya tidak pernah diajak bepergian jauh. Dulu saya pernah, maksudnya menyenangkan mereka naik mobil pakai AC, akan saya traktir es.

Hanya 15menit bertahan mereka pada bertumbangan muntah dan menangis. Mudah-mudahan keberangkatan bak ikan sardin justru menggembirakan anaknya apalagi kali ini beserta keluarganya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s