ASRA NOMANI


Perempuan yang dalam foto selalu nampak dengan rambut hitam sebahu ini memang berani menantang arus berbahaya. Bayangkan, ia seorang wanita yang pada 18 Maret 2005 ia menggelar Salat Jumat di New York edisi spesial  “Women Praying.”

Sementara Imam perempuan yang dipilihnya adalah seorang penulis wanita asal Afrika Selatan Dr. Amina Wadud yang kondang dengan buku Quran dan Perempuan.

Setelah semua persiapan dilakukan masak-masak, maka lokasi sembahyang Jumat bersejarah ini rencananya akan dilakukan di Galeria Sundaram Tagore di NewYork. Namun ancaman bom dan kekerasan lainnya dari pihak yang terbakar emosinya akibat ulahnya tidak kunjung sirna.

Akhirnya Asra menghubungi sebuah gereja Anglikan di Kathedral St John The Devine. Kok ndelalah, pengurus gereja yang biasanya alergi terhadap yang hal berbau Islam malahan membuka pintu lebar-lebat dan mempersilahkan umat islam perempuan melaksanakan salat jumat dibawah atap kubah mereka.

Sebuah pertunjukan empati diperlihatkan, kelompok Mayoritas Amerika  memberikan pengayoman kepada kelompok minoritas, bukan menghancurkannya.

Sebelum acara di mulai, Asra Nomina mantan wartawati the Wallstreet Journal ini maju ke depan mimbar, mengucapkan selamat datang kepada para pengunjung dengan rambut sebahu masih tergerai tanpa penutup.

Hopo tumon.

Ia memang berani mengubah pendapat. Wanita masuk mesjid harus dari depan, katanya. Pendapat ini didasarkan pengalamannya saat naik Haji. Di Mekah ia melihat orang berbondong-bondong memenuhi panggilan salat. Lalu mengapa perempuan tidak boleh, katanya.

Buku yang pernah ditulis Asra adalah Standing Alone in Mecca – mengisahkan seorang perempuan wartawati Wallstreet Journal yang mencoba menapak tilas perjalanan Siti Hajar. Seorang Single Mother yang ditinggalkan di padang pasir yang gersang dan harus berjuang sendiri melahirkan anaknya. Nomani seakan mendapat gagasan bahwa kalau Siti Hajar mampu menentang maut demi sebuah keyakinan, mengapa ia manusia modern tidak berani mempertahankan pendapatnya. 

Bahan diambil dari Majalah Gatra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s