Ketika ATM nyonya Ana tertelan


kartu atm tertelanSaya terlalu percaya kepada iklan ATM bahwa tidak perlu membawa uang kontan sebab tidak aman. Ternyata tidak membawa uang kontanpun tidak aman. Pasalnya saat hendak mengambil uang di kota  Yogyakarta, mendadak listrik padam, dan jeglek, tanpa ba bu kartu ATM langsung ditelan sehingga beberapa jam dihabiskan untuk menunggu petugas membukakan mesin ATM.

Lain lagi dengan pengalaman ibu Ana. Di sebuah ATM bilangan jalan Susilo Grogol Jakarta Barat, tiba-tiba sang kartu tertelan, ternyata ada ibu lain sebut saja Lusi yang juga mengalami nasib sama.

Kejadiannya tercatat Rabu 11 Juni 2008. Lalu kartu ATM bisa diambil pada hari berikutnya 12 Juni 2008. Kartu yang dimiliki ibu Anna adalah kartu kilat yang dicirikan dengan kartu tanpa nama pemiliknya.

Kartu ini segera digunakan untuk membayar tagihan listrik. Namun saat ibu beranak dua ini berniat mengambil uang kontan, mendadak nomor pinnya ditolak. Daripada tertelan, ia segera membatalkan transaksinya dan melaporkan kepada petugas customer care (atau dont care).

Ketika dilakukan pengecekan ternyata ketidak beresan disebabkan kartu ibu Ana tertukar dengan kartu orang lain. Belakangan diketahui bahwa pemilik kartu yang tertukar adalah ibu Lusi (kedua orang tidak saling mengenal).

Tidak ada pihak yang dirugikan sebab setelah di transaksi dicetak, uang Saldo ibu Anna berkurang sebesar pembayaran listrik bukan Juni.

Yang jadi masalah bagaimana mungkin kartu orang lain bisa digunakan untuk membuka rekening kita. Menurut penuturan ibu Anna, dia memang melihat sang CSO sempat di kunyah-kunyah oleh sang “SUPER” – demikian CSO memanggil pengawasnya. “Jadi nggak tega kalau sudah begitu,” komentarnya.

Anda yang memiliki kartu ATM tanpa nama anda, ada baiknya segera mengurus kepemilikan dengan nama anda, kecuali anda memiliki daya ingat yang baik dalam menghapal nomor kartu anda. Atau setidaknya tulis nama jelas di belakang kartu anda agar lain kali tidak tertukar dengan milik orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s