Bermain di kolam-purnama pengeboran


Namanya sih “moon pool” sebab posisinya berada di bawah ketiak pengeboran. Jadi tidak bisa lihat awan kecuali besi “pating pecothot” alias menyeruak disana sini. Air laut yang dilihatpun dari ketinggian 25meter (Air Gap) – sehingga samar-samar nampak bayangan rembulan bersinar dari pantulan air laut. Dalam gambar ini aktivitas moonpool diisi oleh operasi menurunkan rangkaian casing berdiameter 340mm. Tangan yang memegang casing adalah drillpipe 5 inci. Bila casing sudah duduk diposisi yang ditentukan maka drillpipe diputar kekiri untuk melepaskan cengkramannnya dan tinggallah casing sendiri di dalam lubang bor yang gelap dan panas. Agar dudukan casing lebih mantab, maka dipompakan bubur semen.

Casing 340cm sering dijadikan injakan alat lain yang namanya BOP alias blowout preventer. Dalam gambar BOP ada dibelakang denganbelalai mirip patung Ganesha Raksasa menunggu giliran dimainkan. BOP sendiri cara mendudukkannya dengan diikat dengan pipa riser. Jadi rangkaian paling ujung adalah casing yang “membumi” lalu BOP yang menyelam, dan pipa riser sebagian besar menyelam namun ujungnya menyembul diudara. Pipa riser nanti akan disambung dengan alat semacam “sokbeker” yaitu “slip joint” yang kelak berfungsi meredam getaran naik turunnya air laut akibat gelombang.

Layaknya supir taksi, maka semakin sering melihan moon pool sama artinya ruang pekerjaan masih terbuka untuk saya sehingga tak salah jika siang haripun saya bersiul “Rembulan Bersinar Lagi..”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s