Tali Pencekik dan Tali Pembunuh pada Rig Pengeboran


Saya memang cuma cari sensasi, pipa (bekas)putih yang menggeletak di halaman saya bermain di kapal pengeboran ini sedang menjalani pemeriksaan. Namanya pipa Riser. Tugasnya menghubungkan bagian lubang di dasar laut ke permukaan air (kapal). Dicat putih lantaran mudah dilihat kalau sedang berada didalam air. Biasanya bagian paling bawah akan bertengger diatas alat lain yang disebut BOP alias blow out prevention.

Panjangnya perbatang 12 meter, garis tengah dalamnya 50cm. Kalau kedalaman  laut  120 meter misalnya  ya dibutuhkan paling tidak sepuluh batang pipa riser. Kadang ada saatnya pipa yang dibutuhkan sangat nanggung, misalnya cuma lima meter. Maka dicarikan pipa “poni” – mungkin diambil dari kuda mini (poni).

Lalu disamping pipa ada pipa kecil anakannnya dan inilah yang dinamakan tali pembunuh atau “Kill Line” sementara disebelahnya (tertutup pipa besar) ada pasangannnya yaitu “tali pencekik”.  Kalau ada satu hal terjadi gangguan misalnya sumur harus dimatikan atau ditutup, maka anak pipa riser yang kecil cuma berdiameter 3inci ini dipakai sebagai terowongan pasukan lumpur pembunuh menyelinap untuk menutup sumur. Dari situlah keluar kata Kill Line. Sementara kembarannya (seperti sinetron Raam Punjabi), diberdayakan untuk membuka dan menutup kerangan (valve) yang dipasang di alat BOP nun jauh didasar laut sana. Dan itulah fungsinya Choke Line.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s