Tanduk Banteng untuk Membunuh Sumur


Maksudnya bukan Tanduk mahluk Banteng binatang mamalia berkaki empat melainkan istilah yang dikenal dalam Perminyakan untuk menutup lubang sumur yang sudah diperforasi sebelumnya.

Sumur yang sudah diuji coba kemampuan produksinya seperti halnya kompor gas sudah tersambung dengan tabung LPG. Untuk mematikannnya perlu ada katub yang dikunci dan sisa gas dalam selang harus dibuang dengan cara dibakar.

Saat sumur diuji coba, sebetulnya ada bagian sumur yang sudah dipasang selubung baja tetapi selubung tersebut ditembaki agar terkoyak. Lubang koyakan yang menganga lantas disedot cairannya dan dibawa melalui pipa casing ke permukaan untuk lalu di bakar. Kalau selang gas paling dua meter panjangnya tetapi selang baja 5000 meter membutuhkan teknik sendiri.

Untuk menutup luka akibat operasi yang kami menamakannya perforasi, maka disuntikkan cairan beracun yang kami namakan “kill mud” – dan eksekusinya dinamakan “operasi tanduk banteng.” – sebetulnya sumurnya tidak betul-betul mati, melainkan ditidurkan sebab bila jumlah sumur yang dibor bertambah banyak, maka sumur tidur tadi dibangkitkan kembali untuk mulai bekerja bagi kesejahteraan umat manusia.

Operasi Tanduk Banteng (Bull Head Operation) baru boleh dilakukan setelah semua sisa gas dalam casing dan tubing (pipa produksi) diafblas alias dibakar. Perusahaan yang menanduk sumur dipercayakan kepada spesialis penyemenan seperti Halliburton, Dowell atau BJ. Dalam foto gas sedang dibakar melalui kompor raksasa alias burner, namun karena gasnya sudah bersih maka hanya “payung air” yang nampak di foto.

Advertisements

3 thoughts on “Tanduk Banteng untuk Membunuh Sumur

  1. Mahal lho barang-barang perminyakan, seken-nya saja dicari-cari oleh perusahaan papan bawah. jadi menurut saya tidak.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s