Ngomong-ngomong soal Got


Sepintas mirik umpak-umpak sebuah candi kuno (tapi bukan).

Karena saya tinggal di kawasan Grogol yang dikelilingi got selalu penuh, mampat dan berbau sampai bingung dari mana memutus rantai “posko pembiakan nyamuk” ini karena sekalipun got dibersihkan , digelontor, diperbaiki namun saluran pembuangan di luar rumah sudah tidak bisa menampung lumpur dan sampah yang “kadang terbawa” kedalam parit serta selokan kita.

Lalu di jalan Kodau V Bekasi, orang membuat got cukup baik dan disemen. Namun setibanya di depan sebuah Sanggar Senam, got tersebut ditutup sehingga tidak bisa mengalir kemana-mana kecuali menjadi sanggar pembiakan nyamuk. Sampai nggak habis pikir, bagaimana mungkin orang-orang pintar di pemerintahan kita sanggup berfikir membuat got cukup seperti membuat liang lahat tapi panjang.

Ketika berada di Singapura, anak-anak pada terheran melihat bapaknya merenung melihat saluran air yang nampak kering dimusim hujan. Padahal saya sedang keheranan saat mereka mencuci pakaian atau piring, tak setetes airpun keluar dari saluran got tersebut.

Ternyata saluran air yang saya pelototi ini hanya difungsikan hanya kalau hujan tiba, dan dibuang ke got besar yang tersedia disisi jalan.

Got besar inipun berfungsi sebagai penyalur air hujan, bukan buangan rumah tangga atau pabrik. Kalau anda perhatikan (mau) dengan seksama, tidak nampak kotoran sampah kecuali dedaunan yang memang sengaja ditanam dipinggir jalan.

Sementara pembuangan dari rumah tangga, dibuat saluran tersendiri yang lebih dalam dan tidak nampak dari luar.

Advertisements

One thought on “Ngomong-ngomong soal Got

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s