Tawar menawar Durian di Supermarket


Di Supermarket seperti Giant atau Fair Price umumnya durian sudah diangkat dari kulitnya dan dikemas kemas dalam kotak styrofoam. Masing kemasan ditulis dalam aksara Mandarin, lalu diberi tulisan latin semisal D-24 yang disebut juga durian alpukat atau durian X-O karena jenis ini kondang dengan kandungan alkoholnya. Harganya amat bervariasi. Pagi hari S$20, menjelang siang diturunkan menjadi S$10. Sementara durian juru kunci alias tanpa nama dihargai 3 kotak lima belas ringgit. Tapi masih ditanggung manis dan pulen. Orang Malaysia menyebut satu dollar adalah satu ringgit padahal saya terbiasa diberi pelajaran satu ringgit adalah dua setengah rupiah.

Di tanah air, entah CarreFour, entah Giant apalagi supermarket lain – pengalaman membeli durian beda tipis dengan Pilkada. Berharap cemas mendapatkan yang lebih baik, dibela-belain para pendukung tawuran berdarah-darah. Hasilnya setali tiga uang. Sarana jalanan tetap hancur, sarana ekonomi sami mawon.

Maka, saat di Singapura, nafsu saya akan durian sudah sampai ke leher hampir naik ubun-ubun. Apalagi di blogger ditulis durian menurunkan kadar kolesterol anda.

Saat membeli cuma satu styrofoam sebagai obat penawar rindu, anehnya sang penjual berbisik, sekalipun hari belum terlalu malam, kalau beli 9 kotak harganya dimurahkan dari $90 menjadi $40. Tetapi kami menawar 12 kotak seharga $50 dan ternyata tidak diberikan.

Maka malam itu sembilan kotak durian kami santap bersama anak-anak di rumah (kontrakan).

Luar biasa, baru dua kotak semua sudah mundur menggigil menghadapi si kuning tembaga nan semekel, lembut memabukkan bagaikan anggur durian. Akhirnya diperlukan waktu seminggu untuk menghabiskan durian tersebut.

Saya tidak habis pikir bagaimana penjual durian bercincai-cincai dengan pihak supermarket dalam menentukan harga. Tapi Itulah uniknya Singapura.

Advertisements

3 thoughts on “Tawar menawar Durian di Supermarket

  1. Hihihi…baru tau ternyata di sono bisa tawar menawar durian, kirain yg ada cuma MRT ama singa muncrat, hehe…(saya yulius wiki lo pak, mohon di link:D)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s