Kabel PLN-nya Singapura


Umumnya di Indonesia, kabel listrik PLN diatur mirip orang merentang jemuran pakaian, kadang terdiri dari sepasang kabel telanjang, kadang dua pasang, kadang tiga pasang tergantung kebutuhan. Menjadi hal lumrah bahwa sebuah kabel listrik umumnya mirip kayu salib dalam sekala lain.

Saat masih kecil sekali tempo layangan saya menyangkut pada salah satu kabel listrik lalu saya betot. Tidak berapa lama kemudian seisi asrama Brimob pada keluar rumah. Rupanya karena tarikan tangan anak kecil pada benang layangan yang rada a lot, salah satu kabel bersinggungan sehingga terjadilah korsleting dan berakibat pada lampu di asrama Brimob pada byar-pet. Bukan main takutnya perasaan saya setelah seorang bapak menjelaskan duduk perkaranya.

Tapi di Singapura, orang mengatur kabel listrik udara justru ditumpuk mirip pepeda (ikan).

Apa tidak takut bilamana satu ketika kabel yang paling atas menggelayuti kabel dibawahnya. Ternyata kekuatiran tersebut tidak beralasan sebab kabel-kabel listrik disana tidak telanjang bulat melainkan masih berbalut lapisan pelindung. Entah karena konfigurasi kabel maka ketika membuat sebuah perbandingan, saya agak terkejut. Bayangkan.

Di Bekasi saya memerlukan minimal dua sampai tiga jam untuk mengisi baterei handphone. Memasak popcorn membutuhkan waktu lima menit untuk menjadikannya makanan siap hidang. Sedangkan di Singapura, cukup setengah jam, baterei HP sudah menyatakan pengisian selesai sementara popcorn membutuhkan waktu lebih singkat yaitu dua setengah menit.

Ternyata macet bukan hanya di lalu lintas kendaraan. Negeri kita listrikpun macet juga.

Advertisements

5 thoughts on “Kabel PLN-nya Singapura

  1. sejak hari pertama saya datang disini, ndak pernah sekalipun saya ngeliat ada kabel listrik, telepon atau apapun yang gelantongan. Ada kabel yang gelantongan, tapi khusus untuk cable car alias kereta gantung

    Like

  2. gue dari belanda,,udah hidup di belanda 30thun dan gak pernah pulang ke indonesia, gimana sih listrik jemuran,,pingin bgt gw lihat.

    Like

  3. Sebenarnya faktor kecepatan mengisi baterai hp maupun memasak popcorn bukan karena pengaruh macet atau tidaknya aliran listrik, namun pengaruh daya yang dipasang. Misal, untuk pelanggan berdaya 450 VA tentu saja berbeda dengan pelanggan berdaya 1300 VA.

    Lalu, saat mengisi baterai tersebut, perlu diperhatikan juga beban daya yang terpakai di rumah tersebut, apa ada setrika, kulkas ato ac yg juga dinyalakan sehingga daya yang di’sedot’ oleh baterai tersebut hanya sepersekian dari daya yang dibutuhkan sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama..

    CMIIW

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s