Arti bendera dalam balap motor


Bendera Merah

Bila bendera merah diayun-ayunkan oleh sang Marshal, pertanda pertandingan harus dihentikan. Pembalap harus masuk paddock. Biasanya terjadi kecelakaan serius, ada ceceran oli di lap, atau serat karbon filter yang menutupi lapangan.

Bendera Hijau

Hijau pertanda keadaan aman, pertandingan bisa dilangsungkan. Hijau dikebut-kebutkan berarti lap pemanasan bisa dimulai.

Bendera Kuning

Bendera kuning yang dikibarkan oleh Marshal pertandingan menandakan bahwa terjadi kecelakaan atau keadaan berbahaya sehingga pembalap diminta mengurangi kecepatan dan siap untuk menghentikan kendaraannya. Saat bendera berkibar, dilarang menyusul kendaraan didepannya.

Hitam

Bendera hitam adalah bendera yang paling tidak disukai pembalap sebab pertanda mereka dikenai hukuman diskualifikasi. Biasanya permbalap yang membahayakan keselamatn orang lain.

Bendera hitam dengan bulatan orangeditengah pertanda ada kerusakan pada kendaraan sang pembalap

Catur

Bendera yang amat didambakan adalah bendera catur. Bilamana bendera kotak-kotak ini dilihat pembalap pertanda ia menyelesaikan putaran terakhirnya.

Biru

Bilamana anda mengendarai motor terlalu pelan sudah barang tentu akan disusul kendaraan lain. Bendera biru mengisyaratkan bahwa anda harus memberikan jalan kepada sang penyusul

Bendera Putih

Pada Portugal moto gp 13 April 2008 , Jorge Lorenzo memenangkan pertandingan kelas premier. Saat itu penonton melihat bendera putih dikibarkan. Sekalipun jarang terjadi, bendera putih pertanda “pit in” – yaitu mengganti ban kering dengan ban basah khusus untuk jalan berair.

Advertisements

One thought on “Arti bendera dalam balap motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s