Jalanan Rusak dan para pengutip pajak jalan


Rasanya mata dan telinga sudah pada tahap “budek” lantaran melihat parahnya jalan mencapai setadium tiga diseantero penjuru negeri.

Petugas berompi jingga ini tugasnya memunguti pajak jalan para supir angkot, truk – tanpa tanda terima tentunya. Kadang kalau ada mobil box yang mensuplai barang-barang ke mini market setempat penguasa jalan ini memungut cukai entah berupa satu renteng kopi bungkus atau apa saja yang diberikan oleh supir mobil box.

Foto ini diambil saat kendaraan saya harus berhenti dan berjalan bak keong tut-tut melewati jalanan menganga lebar dengan tulang-tulang besi mencuat disana sini.

Kalau ditanya tugasnya tentu sangat mulia, di bawah terik matahari beliau memunguti pajak untuk pembangunan daerah termasuk jalan tentunya. Tanpa tanda terima, tanpa audit maka yakin saja uang jerih payah supir angkot, truk tadi akan menjadi setan gentayangan sehingga si pemberi pajak hidup berkeringat sampai mengalir ke pantat, sang pemungut bukan rahasia umum hidup berkecukupan. Cilaka bagi sang supir angkutan, diujung jalan berjarak kurang dari 100 meter, ada pos serupa dengan karakter tak berbeda.

Ketika berada di Riau, dalam perjalanan antara Pakanbaru – Duri ada beberapa pos yang hanya dijaga oleh bocah-bocah. Mereka yang akan naik ke dalam Truk memungut cukai jalanan. Dengan menggunakan joki-cukai maka terkesan lebih elegan. Hallah ngomong elegan segala.

Membaca berita dimedia kasus seorang Mayor Polisi yang bertahun-tahun memalaki toko, pemakai jalan dan ternyata adalah palsu, maka tidak ada salahnya yang berwajib sesekali melakukan operasi apakah mereka memang petugas aseli pengemban suci dawuh negara. Apalagi rompi tersebut cocok sekali untuk menyembunyikan identitas.

Sesekali bicara pelan diantara tulinya peduli masyarakat, sekedar pelepas frustrasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s