This is a drill. This is only drill


Kata-kata melalui pengeras suara ini selalu kami dengar pada saat minggu pagi. Dipimpin oleh seorang OIM singkatan dari Offshore Install Manager maka berlarianlah orang rig yang sedang tidur sambil mengenakan baju kerja, sepatu kerja, helm, kacamata, penutup telinga menuju stasiun yang ditentukan. Suara Steve Earl Greene warga Amerika yang berkepala selalu plontos nampak nyaring : “This is a drill, only drill. Simulated fire on Engine Room. Backup fire team…..” dan selalu diikuti suara alarm yang kring kring kring.

Latihan ini terdiri dari tiga perkara. Pertama ecek-ecek ada kebakaran. Lalu kebakaran “ecek-ecek” tidak bisa diatasi sehingga harus meninggalkan kapal dengan cara evakuasi. Ada perbedaan sirine kebakaran dan sirine meninggalkan kapal.

Sementara pekerja Rig langsung membentuk satuan pemadam kebakaran, kami yang bukan pekerja langsung ambil bagian berbaris lima-lima di stasiun yang sudah ditentukan. Sebuah papan absen berisikan kartu yang satu sisi berwarna merah, sisi lainnya berwarna biru.

Tugas kita adalah menambil kartu yang semula berwarna merah dan menampakkannya warna biru. Dengan demikian bisa dilihat siapa yang ketinggalan dalam latihan ini.

Oim dan stafnya selalu melihat pada jam, berapa menit diperlukan seluruh awak siaga dalam keadaan mengantuk sampai siap di tempat aman. Sambil dan mengenakan pelampung kami mengecek apakah peluit, senter mungil dan peralatan keselamatan lainnya masih lengkap.

Bila latihan dirasakan sudah memuaskan alias memenuhi standar. Pengawas rig akan membunyikan alarm dan mengucapkan “stand done drill..thank you”

Malamnya setelah makan malam, kami masih harus mengikuti safety meeting mingguan. Senangnya kalau ada acara ini berarti satu minggu sudah terlewatkan di rig.

Advertisements

One thought on “This is a drill. This is only drill

  1. ya itulah salah satu cara mengingat,pengingat/reminder untuk kita-kita yang kadang lupa dan melupakan salah satu faktor safety di offshore. Kadang bocah nakal seperti saya sering sekali dengan sengaja mengindahkan padahal banyaknya minta ampun peringatan dan latihan-latihan safety seperti itu.
    Yang lebih kacaunya lagi kalo-kalo sampai ada orang yang sengaja melanggar safety dengan alasan “tantangan akan bahaya” kayak iklan rokok itu lho

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s