Serba Serbi senapan AK47


Saya agak terkejut melihat pentolan Dewa – Ahmad Dhani berlatih menggunakan senjata api kalau tak silap jenis M16. Bukankah senapan ini tidak seharusnya dipegang orang sipil. Atau sebagai perang dingin lantaran seterunya kemana-mana menenteng kelompok organisasi aliran keras yang demen betul berada dibalik pakaian keagamaan. Kalau saja senjata tersebut adalah AK-47, lengkaplah sudah predikat AK-47 sebagai senjata pembuat bencana. Senjata api panjang AK-47 bisa dibilang ikut campur disemua konflik bersenjata sejak perang dunia II

Tahun 2004, Vladimir Putin Vodka Rusia yang terkenal kepada presiden Amerika George W. Bush. Yang unik selain botolnya terbuat dari kristal mahal, bentuknya adalah miniatur AK47

Seperti layaknya keris EMpu Gandring yang meminta korban, maka AK47 pertama kali minta korban pada tahun 1956 ketika Rusia menekan pemberontakan Hungaria di Budapest. Demonstran yang melempari bom Molotov kearah tank rusia dibalas dengan rentetan AK47. Korban diperkirakan sekitar 15000 orang terluka atau tewas.

Simbul AK juga dipakai pada bendera di Mozambique, pasukan Burkina Faso. Lalu anggota Hisbullah Lebanon dan Pengawal Revolusi Iran.

70 juta senjata AK47 tersebar di dunia. Pejuang Vietkong saat perang Vietnam mendapatkan bantuan senjata tersebut dari Cina. Kadang serdadu Amerika yang kebingungan saat diserang Vietcong sementara senjata M16nya macet, buru-buru mengambil AK47 dari mayat Vietcong yang didekatnya. Akibatnya sering terjadi serdadu Amerika saling tembak sebab suara AK-47 sangat spesifik sehingga temanpun dikira musuh.

Beberapa pemberontak di Afrika menggunakan anak-anak usia 8 tahun sebagai pasukan Kalash. Ini karena senjata tersebut mudah dibuat (hanya ada 8 bagian bergerak) dan mudah penggunaannya.

AK47 digunakan oleh sekelompok teroris membunuhi atlit Olimpiade pada tahun 1972 di Munich

Advertisements

6 thoughts on “Serba Serbi senapan AK47

  1. aku taunya cuman glock pakde, secara aku bercita-cita jadi agen rahasia. merea kan kelayapan dengan glock nyelip di pinggang.

    *bukan golok, kalo itu mah si pitung*

    Like

  2. Oh lala… agen rahasia.. harus tegel mengklek leher orang dong kalau begitu. Wah ada cita-cita sadiskin ya. Yang soal Glock pernah juga saya bahas sedikit.

    Like

  3. Lha kok senjata pembuat bencana?
    Hubungannya apa ya antara senjata paling populer (murah, reliable, simple) dg pembuat bencana?
    Peluru, pedang, pisau juga bisa dianggap pembuat bencana dong…
    Weapon is just a tool, tul?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s