Kutu Kabisat


Teman saya. Merry, yang bekerja pada sebuah usaha penyediaan daging potong bercerita bahwa tadi pagi Jumat 29 Feb 2008, semua komputer di kantornya lumpuh. Mereka menduga serangan virus. Ternyata software yang mengaku paling akurat ternyata kedodoran memperhitungkan tahun kabisat. Bahkan menurut teman tadi enteng saja pihak Technical Support yang dihubungi menyarankan agar ganti saja tanggalnya menjadi 1 Maret 2008.

Akibatnya semua surat, invoice sudah dicetak sehari lebih awal mirip peringatan Serangan Oemoem Janur Kuning yaitu 1 Maret.

Lanjut pihak penjual software tersebut dan berjanji akan memperbaiki program. Dalam suratnya Merry menulis salut terhadap kesigapan juru IT langganannya. Lho kok salut?

Lalu saya merespons dengan mengatakan inilah negeri kita. Toleransi yang begitu besar sekalipun seorang programer kelas sedang-sedang dengan IQ pada suhu kamar harusnya mengetahui bahwa setiap empat tahun sekali bulan Februari berjumlah 29 hari.

Lagian menulis ulang program bukan pekerjaan semalaman sebab biasanya satu baris program diperbaiki kutu program lainnya muncul. Bagaimana kalau kesalahan tersebut terjadi pada instalasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Waktu mendekati tahun 2000, bukan main hebohnya dunia sampai-sampai banyak orang mengeduk untung dengan mengobarkan semangat “Awas, Hati-hati Kutu Milenia” – ada yang berfantasi orbit satelit akan bingung dan saling bertabrakan, dunia menjadi gelap gulita. Untunglah semua dilalui dengan mulus.

Sayangnya ketika terjadi pergantian tahun Kabisat, banyak yang terlena dan seperti teman saya berjam-jam mereka kebingungan menyangka ada kerusakan pada komputer mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s