Bunga Cipta (sampah plastik) Lestari


bunga_plastik.jpgKetika orang akan bepergian jauh entah menggunakan jalan darat, laut maupun udara ada kebiasaan membawa bekal entah makanan, minuman, obat-obatan. Mengingat kedai di jalan mungkin tidak terjaga kebersihannya. Lihat saja saat mudik di stasiun kereta api, bis, penyeberangan laut bahkan di Bandara. Atau saat muktamar, rapat raksasa yang sekarang judulnya macam-macam, maupun latihan koor disebuah gereja menghadapi Paskah, misalnya. Semua membawa pengana n yang terbungkus rapi umumnya dalam kantong plastik.
Namun manakala makanan selesai disantap orang tidak merasa ingat lagi akan dikemanakan pembungkus bekal berupa plastik kresek tadi. Kebiasaan menyampah seperti menjadi ciri khas bangsa kita. Seperti kembali kemasa purba bahwa urusan sampah dikembalikan ke mother nature untuk mengolahnya kembali.

Junko Maruyama melihat bahwa sampah plastik memiliki kesamaan dengan “rakyat” sebuah perkotaan. Sampah plastik terdiri pelbagai ras plastik dengan angka kelahiran yang sangat tinggi namun angka kematiannya mendekati nol.

Kalau dulu sebelum SMS ditemukan ada slogan bagi kaum Melayu sendirian kita menyanyi, berdua kita tarik papan catur. Sementara bagi sebagian orang Jepang kalau sendirian menciptakan Honda, Yamaha, Suzuki, Mie Instan maka seorang Junko Maruyama melihat celah untuk merangkai bunga yang terbuat dari kantong kresek. Ia menamakan instalasinya sebagai Field of Silence Flower

Hasilnya, bagaimana saya tidak histeris ketika melintas disebuah lorong yang (rada) gelap tanpa bergandeng tangan ujug-ujug melihat mawar putih tak berduri bermunculan pada tangkai lemah bagaikan seekor kupu-kupu lucu kemana hendak terbang. Kalau di Indonesia mestinya dia akan membuat mawar hitam sebab tas kresek yang populer (tapi baunya sengak) warnanya hitam

Yang Maruyama belum tahu, disebuah negara ada kembang-kembang kertas yang dibuat dari uang. Mungkin sekali pemiliknya sudah over stock, sehingga melihat uang daluwang (kertas) seperti kita melihat sampah plastik.

junko_maruyama.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s