Kontes Mirip Gagak


Camar Rasa GagakBukan Merpati.

Jumlahnya masih bisa dihitung tangan, maka burung yang seharusnya melayang dipinggiran pantai mencari ikan segar entah mengapa berganti diet menjadi berterbangan diserambi mal.

Burung camar ini nampaknya sudah terbiasa dengan remah burger, sandwich, hotdog yang kadang tersisa disepanjang pusat kota Perth. Mereka hidup berdampingan kadang “kerengan” alias berkelahi dengan burung gagak yang memang lebih dominan sebagai burung mal ketimbang burung kuburan seperti yang kita dengar masa kecil dahulu.

Kadang kami disuguhi fragmen singkat burung gagak nyolong dendeng, dan tokoh kucing digantikan sang camar. Dalam perebutan kekuasaan sang camar ingin memperlihatkan bahwa iapun punya kemampuan gagak lalu mengeluarkan suara parau mirip burung gagak.

Tentu usaha yang sukar sebab ia harus meluruskan lehernya, sedikit dibawah bahu mirip gerakan angsa siap nyosor, lalu bulu lehernya “merinding” dan sampai bergetar merem melek ia memperdengarkan suara gagak agar sang gagak aseli takut. Mungkin itu maksudnya.

Semula saya pikir burung camar ini memperdengarkan kemarahannya atau bergaya agar menarik lawan kawinnya. Namun dikesempatan lain bermain bersama burung camar, suara mereka tidak demikian sehingga saya berkesimpulan, lantaran pemuda camar ini salah gaul, maka dia mengambil cengkok burung gagak.

Gagak atau Camar

Satu saat camar salah gaul sedang memperdengarkan suara tiruannya. Tiba-tiba terdengar dua suara bersahutan mirip stereo. Hanya yang kedua suaranya lebih manusiawi ketimbang gagakiawi sehingga memaksa saya memutar kepala mencari bersuara menipu camar yang sedang meniru lagi suara gagak. Ternyata seorang pemabuk yang semula bengong di bangku taman tiba-tiba berlari ke tengah lapangan dengan mengangkat kedua tangannya seperti hendak terbang lantas ia menirukan suara gagak dan duduk kembali bengong. Mungkin ia sedang berhayal menjadi gagak dalam konkurs suara gagak-idol. Gara gara episode manusia juga gagaksia, saya kehilangan momen mengabadikan camar yang sedang bergagak ria. Sial bener,

Goak ..Goak ..

Artikel 1386

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s