Daerah terlarang namun disukai penumpang Feri


Daerah terlarang bagi penumpang
Kawasan ini terlarang untuk dimasuki penumpang tapi siapa perduli

Sepintas tidak ada yang salah pada gambar disebelah ini. Sebuah sekoci dan beberapa penumpang bersender di dek paling atas feri yang melayani jalur penyeberangan Merak Bakauhuni. Padahal kawasan disebelah kiri sekoci sudah jelas tertulis penumpang dilarang masuk. Namun tak urung para pemberani kita menerobos masuk sekalipun tempat duduk lain masih sepi penumpang.

Mungkin ingin menikmati hembusan sejuk angin Selat Sunda sambil berlindung dibawah perahu. Memang nikmat membawa bahaya.

Dari sisi terlarangLalu kalau kita coba berdiri disisi kiri sekoci, maka akan nampak pemandangan seperti pada gambar kedua.

Tanpa adanya pagar pelindung jelas seseorang akan mudah terjatuh ke laut dari ketinggian yang saya perkirakan sekitar 10m, apalagi jika jumlah penumpang meledak.

Sebuah papan larangan untuk tidak memasuki kawasan tersebut nampak dipasang disana. Namun kita bicara mental sebagian kita yang suka hal-hal yang menerobos bahaya maka pelanggaran sulit dihindari.

Mungkin tujuan mengapa sisi lambung kapal tanpa pagar pengaman, agar mempermudah proses evakuasi penumpang jika keadaan darurat seperti kapal terbakar.

Namun plat besi bercat hijau mirip papan loncat indah dengan baut pengikat yang sudah berkarat karat selain sukar untuk dilipat kedalam juga mampu merobek lambung sekoci saat keadaan darurat terjadi.

Nyaris PutusBahaya lain adalah tertimpa sekoci, mengingat beberapa utas kabel penambatnya sudah terkelupas dan berkarat.

Nampaknya soal keselamatan transportasi udara, darat dan laut kita hanya menunggu waktu. Dan baru panik setelah puluhan nyawa melayang, lalu sejalan dengan waktu kita terlena dan terbuai sampai menunggu kecelakaan mendatang datang lagi, begitu seterusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s