Ikan di sumur minyak


Kadang-kadang lubang bor yang kami gali juga terdapat “ikan.” Kalau sampai diketahui lubang dihuni satu apalagi banyak ikan, besar kemungkinan lubang ditablek dengan bubur semen dan dibor ulang dari atas tetapi lubang dimiringkan sedikit “sidetrack” untuk menepis agar tidak masuk kedalam kolam ikan.

Ikan yang dimaksud adalah potongan mata bor, benda asing yang tidak sengaja kecemplung sumur atau pipa bor putus yang kalau dibiarkan akan menghalangi operasi pengeboran.

Gambar pertama adalah alat untuk memancing ikan. Saat dimasukkan kedalam lubang bor ia mirip tanga-tangan yang mengembang. Sesampainya dibawah, dimana dirasakan pancing sudah menyentuh kepala ikan, maka perlahan tapi pasti mata pancing yang mirip bubu ini perlahan-lahan ditekan sampai ujungnya diharapkan membengkok dan menggigit ikan didalamnya.

Agar ikan tidak mudah terlepas, didalam bubu dipasang semacam “O” ring besi yang kerjanya bisa melewatkan pipa yang masuk namun sekali lewat, per akan mengunci sehingga pipa dicengkram tidak bisa lepas lagi.

Ada alat lain yang namanya “jar” dipasang di atas bubu besi. Kalau alat ini diaktipkan, akan menimbulkan lindu mini sekaligus ada gerakan hidrolika “menyentak” ke atas dengan demikian bisa diharapkan gerakan ini seperti meniru tukang pancing menyentak jorannya.

Advertisements

2 thoughts on “Ikan di sumur minyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s