Lari Marathon


Legenda kuno mengatakan bahwa saat itu seorang serdadu Yunani PHEIDIPPIDES berlari dari Marathon ke Athena untuk mengabarkan kepada warganya bahwa mereka telah mengalahkan pasukan Persia dalam peperangan Marathon pada tahun 490 SM.

Pheidippiddes berlari tanpa henti selama 26 mil atau 42.195km setelah mengabarkan kemenangannya, iapun tewas karena keletihan. Sebagai peringatan akan peristiwa tersebut sejak 1896, pesta olah raga Olimpik memasukkan lomba lari jauh ini dalam setiap even olahraga mereka.

Perang Marathon terjadi pada 490SM saat tentara Darius I dengan kekuatan tentara yang besar berhadapan dengan tentara Athena yang jauh kalah banyak. Namun pemimpin  Atena yang bernama Miltiades mampu mengembangkan strategi perang kilatnya.

Dikabarkan 6400 tentara Persia tewas sementara kerugian jiwa dipihak tentara Atena hanya 192 tentara.

Versi lain mengatakan bahwa  PHEIDIPPIDES sebetulnya dikirim ke Sparta untuk minta bantuan dengan berlari selama dua hari untuk menempuh jarak 240km. Sayangnya sesampainya di sana, orang Sparta tidak bersedia memberikan bantuan tentara sehingga serdadu Yunani harus bertarung dengan dibantu oleh Platea.

Para pelari Marathon sering bercerita bahwa mendekati garis finished rasanya kaki digandoli piano beratnya. Hanya orang yang benar-benar berkemauan keras yang mampu mengalahkan siksaan yang menerpa mereka saat berlari. Sayang saya tak mampu meneruskan tulisan ini napas saya sudah habis. Mudah-mudahan kalau ada bahan saya teruskan lagi

Advertisements

5 thoughts on “Lari Marathon

  1. Aduh iya..mustinya ini sebagai memory jotter (pengingat) akan pernah menulis – tapi keburu tenggelam dan kalau tidak diberitahu saya lupa.
    Makasih ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s